Otomotif

RENCANAKAN BALAP TURING

-

Anak Sunny T.S, Syaukat T.S sudah direncanak­an ayahnya untuk berkompeti­si di balap mobil. Namun saat ini, Syaukat hanya difokuskan pada balap gokart amatir untuk mengenalka­n aura kompetisi. “Sekarang kenalin dulu saja aura kompetisin­ya sebelum terjun ke balap sungguhan yang lebih keras lagi,” tutur Sunny.

“Saya sudah suruh dia (Syaukat) untuk mencoba Honda Jazz dengan spesifikas­i Kejurnas, tapi kalau untuk balapan sungguhan harus nemu sponsor yang tepat dulu,” sambungnya. Sunny sendiri tahun ini tidak terjun balapan, ia hanya fokus menjadi mentor dan crew chief saja. ∫ DAB

berlebihan, bahkan kadang kalau terlalu parah aki sampai bengkak, kondisi itu mengindika­sikan pengisian tak normal, tepatnya terjadi overcharge atau tegangan yang masuk melebihi kapasitasn­ya. Ini terjadi karena rectifier atau kiprok rusak, sehingga tegangan yang standarnya yang mestinya diatur maksimal kisaran 14,3 volt terlewati. Segera cek sistem pengisian jika hal itu terjadi.

Setiap mengerem mendadak mesin mati? Ini sih biasanya karena setelan stasioner terlalu rendah. Jadi ketika menarik rem kan otomatis gas juga ditutup, nah karena putaran mesin turun terlalu drastis maka jadi mati. Setel saja stasionern­ya sesuai standarnya, kisaran 1.400-1.700 rpm, jangan kurang dari itu. Selain mudah mati, jika terlalu rendah sirkulasi oli di putaran rendah juga jadi tak maksimal.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia