Otomotif

Jaminan Kualitas Unit

-

Sebenarnya, showroom mobkas terbagi menjadi dua. Yaitu showroom resmi dan dan nonresmi. Keduanya memiliki perbedaan nyata, terletak pada jenis mobil yang dimiliki dan layanan purna jualnya.

Untuk yang resmi, kini sudah semakin banyak showroom mobil bekas yang dikelola oleh APM (Agen Pemegang Merek) atau sister company dari APM tersebut. Misalnya Toyota Trust, Hyundai AUTOSAFE, Daihatsu U-car, Suzuki Auto Value dan Astra Autoprima (BMW). Selain yang dikelola APM langsung, ada juga pilihan lain seperti mobil88 yang merupakan anak usaha PT Astra Internatio­nal.

Kehadiran mereka ini memberikan beberapa benefit bagi calon konsumen. Apa saja itu?

“Yang pasti konsumen akan mendapatka­n jaminan unit yang sudah melewati proses inspeksi secara ketat dan detail pada 170 titik oleh appraiser tersertifi­kasi. Termasuk dijaminnya seluruh kelengkapa­n mobil dan keaslian dokumen,” ujar Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 disela-sela peresmian dealer Toyota Trust di Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7, Tangsel beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga disampaika­n Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia. “Kami pastikan mobil bekas yang dijual tidak ada bekas tabrakan dan sasis dalam kondisi aman serta layak pakai. Termasuk pula dipastikan mesin tidak pernah terendam banjir dan tidak ada masalah di area kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi,” ujarnya saat ditemui OTOMOTIF di kantornya di bilangan Simprug, Jaksel.

Jadi, konsumen tak perlu mengeluark­an uang lagi untuk biaya reparasi. Sebab, mobil yang didapat dari showroom ini bisa disebut layaknya baru meski statusnya bekas.

Martogi menambahka­n, mobkas yang dijual di Toyota Trust juga mendapatka­n garansi mesin dan transmisi selama 20.000 km atau selama 1 tahun yang disetujui oleh PT Toyota-astra Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM).

Garansi ini diberikan untuk kendaraan yang berusia maksimal 4 tahun atau jarak tempuh maksimal 100.000 km untuk memastikan kondisi fisiknya tetap prima.

Benefit lainnya, setiap pembelian mobkas di Toyota Trust akan mendapatka­n fasilitas servis berkala secara gratis di bengkel resmi Auto2000 untuk servis kecil dan servis besar masing-masing 1 kali.

Untuk mobil bekas yang dijual, baik Hyundai AUTOSAFE maupun Toyota Trust bersumber dari konsumen yang melakukan tukar tambah (trade in).

Namun jika memilih untuk membeli di showroom nonresmi seperti pedagang di bursa mobkas, Anda mesti lebih cermat dalam memilih. Hal ini untuk menghindar­i kecurangan yang dilakukan oleh oknum penjual.

“Kalau di kami, setiap mobil yang dijual sudah mengalami cek fisik dan kelengkapa­n surat-suratnya di Polda. Karena kami tak ingin ada komplain dari konsumen,” ujar Adrian, Marketing Hartono Jaya Motor di Bursa Mobil TEM’S ITC Permata Hijau, Jakbar.

Untuk mobil yang dijual, Adrian mengatakan maksimal rakitan 2013 atau berusia 5 tahun. “Sebenarnya kita juga ada yang tahun di bawah itu. Tapi tergantung kondisi pasar. Kalau peminat banyak dan harga bagus, ya kita jual. Untuk unitnya sendiri kami hunting baik lewat online, media cetak atau dari end user langsung. Khusus dari end user, sistemnya beli putus. Tidak terima titip jual,” lanjutnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia