Otomotif

BISA PINJAM PUNYA BLITZ

Substitusi Karet Teromol Kawasaki W175

-

Untuk menunjang kenyamanan, nap gir di roda belakang pada motor bebek dan sport seperti Kawasaki W175 didukung karet teromol (Gbr.1). Fungsinya untuk meredam entakan putaran gir dari rantai, juga jadi tempat dudukan nap gir itu sendiri.

Seiring pemakaian tentunya karet itu akan aus, apalagi jika sering betot gas dan engine brake secara kasar, “Kerusakan pada karet teromol ditandai munculnya suara kasar pada gir saat berakseler­asi,” ungkap Rieno Muryanto, teknisi Bengkel Teras yang tergabung dalam komunitas Kawasaki W175 Indonesia.

Lantas, bagaimana cara memperbaik­i? Ada 2 kondisi yaitu rusak ringan dan berat yang tentu beda penanganan. Rieno memberikan tiga pilihan alternatif, dua diantarany­a cara memperbaik­i jika mengalami kerusakan ringan dan satu lagi untuk yang berat atau oblak parah.

“Pertama dengan mengganjal karet teromol pakai karet ban dalam yang sudah dipotong, menyesuaik­an ukuran sisi kanan dan kiri karet teromol (Gbr.2). Kedua, Anda bisa membalikka­n posisi karet teromol agar posisi yang tadinya berada di bawah, kini diletakkan di atas agar karet teromol bisa merapat kembali (Gbr.3),” ungkap pebengkel yang berlokasi di Lembah Hijau Residence, Kreo Selatan, Larangan, Tangerang Selatan.

Terakhir, jika karet teromol W175 sudah rusak terlalu parah, maka harus diganti. Jika cari yang buat W175 belum tersedia, substitusi­nya pakai kepunyaan Kawasaki Blitz R, harganya sekitar Rp 15 ribu (Gbr.4).

“Punya Kawasaki Blizt ukurannya sama dengan W175 jadi bisa dipakai, dan karet teromol orisinal W175 belum banyak tersedia di dealer resmi Kawasaki, apalagi di toko onderdil,” terang Rieno.

Terakhir, Rieno menyaranka­n pengguna W175 untuk secara rutin memeriksa keadaan karet teromol. Sebab, jika sudah oblak, bisa membuat posisi gir dan teromol tidak rata dan dapat mengurangi umur rantai dan gir.

Nah tuh catat ya!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia