Otomotif

PERFORMA

-

Setelah mengambil unit Compass di markas PT. GIM di bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan, kami langsung bergerak menuju daerah Rawa Gede, untuk menjajal kemampuann­ya di jalan light off-road.

Memasuki jalur bebas hambatan, kami coba menjajal akselerasi Compass. Dan hasilnya pun memuaskan untuk mesin bensin berkapasit­as 1.400 cc. Tenaga 162 dk hasil dari mesin Multiair Turbo, dengan mudah melesatkan SUV berbobot 1,5 ton ini. Buktinya untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam, hanya butuh 9,5 detik saja yang

tercatat di data Racelogic.

Oh iya, Compass Longitude ini dapat melaju dengan lembut walaupun diajak mengemudi agresif lho. Ini berkat transmisi otomatis 7- speed berteknolo­gi Dry Dual Clutch Transmisio­n (DDCT). Perpindaha­n setiap gigi pun jadi tak terasa, baik saat gigi pindah naik ataupun turun.

Memasuki daerah Rawa Gede, tanjakan semakin terjal dan panjang. Kini giliran torsi dari mesin Multiair Turbo yang diuji. Dengan torsi 250 Nm pada putaran 2.500

rpm, Compass dengan mudah melintasi tanjakan-tanjakan terjal. Lewat tenaga yang dihasilkan, rasanya hampir lupa kalau SUV ini hanya bermesin 1.400 cc.

 ??  ?? Mesin bertenaga besar walau kapasitasn­ya hanya 1.400 cc, plus irit bahan bakar
Mesin bertenaga besar walau kapasitasn­ya hanya 1.400 cc, plus irit bahan bakar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia