Otomotif

CAFE RACER

Yamaha YZF-R6 2005 ) FROM (

-

Jikalau biasanya café racer dibuat dari motor naked atau street bike, lain dengan yang satu ini. Menggunaka­n Yamaha YZF-R6 yang aslinya sport banget sebagai motor donor.

Ternyata cerita bermula saat Andika Gunadarma, sang pemilik, ingin membuat motor custom. Oleh Ram Ram Januar, owner White Collar Bike, Andika disarankan untuk membeli motor sport sebagai bahan, karena Ram Ram ingin mencoba membuat motor custom dengan basic motor sport.

Mulailah Andika berburu motor sport untuk dipinang. “Nemu di Depok milik seorang nenek yang tinggal di perumahan dalam gang. Motor dengan kondisi masih oke dan lengkap, hanya akinya sudah mati,” ujarnya.

Setelah berhasil berpindah tangan, motor dikirim ke workshop Ram Ram yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya Andika sudah menetapkan konsep motor, café racer yang tidak terlalu ekstrim dan tetap nyaman untuk dikendarai. “Saya enggak mau potong rangka, karena hitungan dari pabrik sudah paling enak,” ujar salah satu founding fathers klub Café Racer Indonesia ini.

Proses dimulai menerondol­i seluruh bodi hingga hanya menyisakan rangka, mesin, dan kaki-kaki saja. Berdasarka­n pesan Andika tadi, Ram Ram membuatkan subframe baru dari bahan besi agar jok menjadi rata. Subframe model teralis ini diberi kelir merah terang yang kontras dengan warna bodi.

Pekerjaan selanjutny­a ke bodi. Tangki dibuat ulang oleh Ram-ram dari material aluminium, menyatu dengan bodi belakang sehingga membuat sebuah unibodi. Tangki ini kemudian dilapis karbon dengan warna biru gelap, tak jauh dari warna aslinya yaitu biru. Unibodi terpasang pada frame dengan 4 buah baut.

Selama waktu pembuatan, Ram Ram membuat model dari tanah liat terlebih dahulu agar hasilnya lebih presisi. Buritan bergarisga­ris ini juga full kreasi Ram Ram, di dalamnya ada stoplamp serta lampu sein di bawahnya.

Beralih ke part lain mayoritas masih menggunaka­n bawaan motor, seperti sistem pengereman dan kaki-kaki. Untuk suspensi hanya di- rebuild lagi dan pelek standar hanya di- repaint serta dibalut ban dual purpose Pirelli MT60. Agak unik café racer menggunaka­n ban ini. Namun, menurut Ram Ram ban ini cocok digunakan oleh Andika yang senang turing.

Kemudian ada yang unik soal headlamp. Terdapat empat lampu sekaligus pada bagian ini. Terdiri dari Daymaker LED 5 inci, foglamp kuning, dan dua proyektor kecil.

“Awalnya kalau boleh lampu depan ini agak terang karena motor saya yang dulu lampunya redup, malah dipasang 4 lampu di depan sama Ram Ram,” gelak pria berkumis ini. Soal tempat duduk, Ram Ram memasang jok kulit dan tingginya disesuaika­n dengan postur badan Andika.

Urusan mesin dibiarkan standar, tenaga 600 cc 4 silinder segaris dirasa lebih dari cukup. Hanya dibuatkan knalpot custom. Tapi karena tidak ada oksigen sensor setinganny­a jadi agak ngaco. Lantas otak mesin dimanipula­si dengan tambahan piggyback PC V. “Sekarang lumayan mesinnya enggak panas-panas banget,” tambahnya.

Selesailah café racer yang memakan waktu pengerjaan kurang lebih satu tahun ini. Setelah jadi, motor ini beberapa kali dibawa Andika riding Jakarta-bandung bolak-balik dan masih aman.

Cafe racer berbasis motor sport bagus juga ya! • Rangga

 ??  ?? airbox Tangki mungkin terlihat besar, tapi kapasitasn­ya hanya sekitar 9 liter karena ada di bawahnya Buritan bergaris-garis untuk menyembuny­ikan stoplamp CUSTOM CAFE RACER MOTOR BERBASIS KENCANG Setang dipasang di atas agar tak terlalu nunduk clip-on yoke Bahan motor yang dipakai cukup jarang Lapisan karbon di tangki sedikit mengelupas­ramai dengan 4 buah lampu sekaligus agar terang benderang Headlamp White Collar Bike: 0817-733-805
airbox Tangki mungkin terlihat besar, tapi kapasitasn­ya hanya sekitar 9 liter karena ada di bawahnya Buritan bergaris-garis untuk menyembuny­ikan stoplamp CUSTOM CAFE RACER MOTOR BERBASIS KENCANG Setang dipasang di atas agar tak terlalu nunduk clip-on yoke Bahan motor yang dipakai cukup jarang Lapisan karbon di tangki sedikit mengelupas­ramai dengan 4 buah lampu sekaligus agar terang benderang Headlamp White Collar Bike: 0817-733-805
 ??  ?? foto : randyteral­is memukau dengan rapi dan warna kontras dengan bodi Subframe finishing
foto : randyteral­is memukau dengan rapi dan warna kontras dengan bodi Subframe finishing
 ??  ?? Panel instrumen masih bawaan R6
Panel instrumen masih bawaan R6
 ??  ?? Tulisan di radiator ini artinya “Ronin”
Tulisan di radiator ini artinya “Ronin”
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia