Otomotif

PENGECEKAN TAHUN KE-2

-

Periodik servis meliputi 24.000 km atau 24 bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Disamping servis rutin dengan penggantia­n oli mesin, ada juga servis yang mesti dilakukan saat mencapai umur ke-2.

“Harus kuras minyak rem depan dan belakang, jasa kurasnya Rp 20 sampai 30 ribu di luar minyak rem seharga Rp 6.500 perbotol. Kalau untuk kuras ini butuh 2 botol,” ujar Achmad Ghofur kepala mekanik AHASS 001 Dewi Sartika, Cawang, Jaktim.

Ada pula penggantia­n oli sok depan sebagai ritual yang dilakukan menyentuh tahun ke-2, “Idealnya tiap 10.000 atau 12.000 km. Ini karena daya lumas sudah berkurang, kinerja suspensi jadi berkurang pengaruh ke kenyamanan dan handling. Kalau dibiarkan bisa bikin as sok baret. Jasanya kuras kurang lebih Rp 70 sampai 80 ribu, oli soknya perbotol Rp 26 ribu dikalikan 5,” lanjut Ghofur.

Pengecekan lainnya meliputi area kaki-kaki, “Seperti lihat kondisi ban secara visual saja. Sudah tipis atau sudah retak-retak kondisinya. Kampas rem juga bisa dilihat secara visual ketebalann­ya. Tapi semuanya kembali ke pemakaian,” sarannya.

 ??  ?? Perhatikan kondisi ban secara visual meliputi ketebalan dan keretakan
Perhatikan kondisi ban secara visual meliputi ketebalan dan keretakan
 ??  ?? Tabung di balik fairing baru terlihat jelas ketika dibuka, jangan sepelekan kapasitas ya! reservoir fairing coolant
Tabung di balik fairing baru terlihat jelas ketika dibuka, jangan sepelekan kapasitas ya! reservoir fairing coolant
 ??  ?? far iz Butuh 2 botol minyak rem mungil ini untuk menguras sepasang cakram CBR250RR
far iz Butuh 2 botol minyak rem mungil ini untuk menguras sepasang cakram CBR250RR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia