Otomotif

SETIR TOYOTA YARIS BERAT

-

Halo kak Andhika! Saya punya masalah yang cukup mengganggu di Yaris TRD 2016 saya. Jarak tempuh sudah 31.000 km, setirnya berat pada saat di jalanan lokal, namun tidak terlalu terasa di jalan tol. Setir juga selalu lari ke kiri, padahal tekanan angin normal 33-35 psi, dan baru spooring balancing dan alignment.

Saya sudah komplain ke Toyota, tapi tetap bermasalah. Mobil rutin service tiap 10.000 km. Juga selalu rotation tire tiap service berkala. Mohon pencerahan­nya. Terima kasih! Aries. A Menteng, Gondangdia, Jakarta Pusat

Hallo juga Aries. Wah, kami turut prihatin atas apa yang Anda alami di Yaris Anda itu. Kejadianya­ng Anda alami ini juga sempat dikeluhkan di beberapa forum media sosial untuk mobil yang sama.

Solusinya ada pada peranti Eps-nya. Karena kasus serupa pernah pula dialami salah satu pembaca pada Toyota Rush S keluaran 2012. Tapi jam terbangnya sudah lumayan tinggi.

Saat diperiksak­an ke bengkel resmi, dinyatakan Electronic Power Steering-nya (EPS) Rush-nya bermasalah. Setelah diganti, setir berat tak lagi terjadi.

Nah, soal lari mobil yang lari ke kiri, banyak faktor yang bisa menyebabka­n hal itu. Jika spooring atau alignment sudah dilakukan tapi masih saja begitu, bisa jadi karena dipengaruh­i oleh kinerja EPS yang bermasalah pada sistem distribusi daya putar motor penggerakn­ya yang tidak balance.

Atau bisa juga ada komponen kaki-kaki atau suspensi yang bermasalah di salah satu bagian. Biasanya kalau larinya ke kiri, bisa dikarenaka­n sokbreker bagian kiri mulai lemah. Tapi, tentu harus diperiksa secara teliti terlebih dulu.

Coba deh Mas Aries sambangi bengkel Nawilis terdekat. Bengkel ini punya alat spooring yang terbilang canggih, serta mereka bisa mendeteksi sistem steering maupun kakikaki yang bermasalah.

 ??  ?? Foto : f. yosi
Foto : f. yosi
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia