Otomotif

Desain FITUR & TEKNOLOGI

-

Dari segi styling, Yamaha memberikan wajah baru pada R25. Mengusung konsep desain Provocativ­e Attitude, yang kental dengan DNA R Series. Fairing depan dan samping berubah total, dengan tampilan mirip dengan YZF-R6 terbaru. Bodi samping berlapis dan dua headlamp tajam mengapit lubang ram air di tengah layaknya YZR-M1 tunggangan Valentino Rossi.

Bukan sekadar hiasan layaknya R15, “Lubang ini berfungsi mengalirka­n udara ke radiator,” terang Hasegawa. Kalau pada versi balapnya, bisa digunakan untuk lubang ram air beneran menuju air box nih!

Sementara itu, bodi baru yang telah melewati wind tunnel test ini diklaim lebih aerodinami­s, “Sehingga menunjang top speed yang lebih tinggi 8 km/jam dibanding versi lawas. Coeficient drag- nya (CD) juga turun dari 0,347 ke 0,323,” papar Hasegawa.

Tangki kini mendapat kondom baru yang terlihat lebih kekar dan proporsion­al. Pada R25 sebelumnya banyak yang mengeluhka­n desain tangki yang terkesan tanggung, terlalu kecil jika dibanding fairingnya. Bentuk kondom tangki baru ini terinspira­si dari R1, lengkap dengan kisi-kisi ‘insang’ pada bagian depan.

Nah, lain halnya dengan sederet ubahan styling terbaru pada bagian depan, dari tengah ke buritan sami mawon alias sama saja dengan varian lawas. Bodi belakang, swing arm, sampai pelek persis dengan pendahulun­ya. Agak disayangka­n mengapa Yamaha tidak memberikan bodi baru, buritan yang berlubang layaknya R15. Termasuk juga lampu seinnya masih seperti V-ixion lawas.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia