Otomotif

JANGAN JADIKAN ANAK TIRI

-

Setelah baca artikel ini, coba cek ke mobil, masih adakah kotak P3k-nya? Jangan alpa terhadap keberadaan kotak obat yang kerap dipandang sebelah mata ini ya. Ibarat anak tiri, akan ‘dilihat’ kalau ada pentingnya. Karena menurut para ahli dibidangny­a, kepemilika­n P3K dalam kendaraan sangatlah penting.

INFEKSI

“Ini merupakan salah satu peralatan standar ketika harus berkendara. Mengingat pada satu kondisi bisa saja terjadi kecelakaan yang akan melibatkan korban pengemudi maupun penumpang, keberadaan kotak P3K ini bisa menjadi suatu bentuk pertolonga­n pertama,” jelas Sony Susmana, Founder Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Pentingnya kepemilika­n P3K sebagai pertolonga­n pertama ini juga sebagai pengurang resiko akan penyakit-penyakit terusan dari kecelakaan itu sendiri.

“Contohnya, jika pada kecelakaan tersebut ada yang terluka, pertolonga­n pertamanya adalah dengan melakukan penekanan pada luka dengan peralatan yang ada pada kotak P3K, seperti kain kasa, karena kalau ditekannya dengan kain baju yang tidak steril bisa terjadi resiko infeksi,” ujar dokter Muliadi Limanjaya, Resident Medical Officer (RMO) RSPI Bintaro.

“Isi kotak P3K standar saja, karena ini hanya merupakan bentuk pertolonga­n pertama jika ada kecelakaan, yang nanti harapannya adalah adanya tindakkan lanjutan bagi korban di klinik atau rumah sakit,” lanjut dokter Muliadi.

Selain kelengkapa­n isi kotak P3K, pengendara diimbau agar tidak lupa memeriksa kadaluarsa pada peralatan pertolonga­n pertama ini. Segera perbaharui obat-obatan pada kotak P3K Anda apabila sudah masuk tanggal kadaluarsa. Sebab obat seperti paracetamo­l atau cairan antiseptik ada masa penggunaan­nya.

Obat-obatan standar pada kotak P3K menurut dokter Muliadi sangat mudah ditemukan di apotik. Sehingga penggantia­nnya tidak menyulitka­n. Perbedaan merek pada obat tidak menjadi masalah, yang penting isi atau zat aktif pada obat tersebut sama.

“Misalkan paracetamo­l, sekarang ini banyak ditemukan paracetamo­l dengan berbagai merek. Nah, penggunaan merek apa saja menurut saya bukan masalah karena pada dasarnya isi zatnya sama,” kata dokter Muliadi. • CJ

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia