Otomotif

ANYTHING IS POSSIBLE

-

Ajang Asian Para Games 2018 memang telah usai, namun semangat juang para atlet akan terus jadi inspirasi. Salam hormat bagi rekan-rekan penyandang disabilita­s, dengan segala keterbatas­an fisik mampu membuat segalanya jadi mungkin. OTOMOTIF beberapa kali mengulas soal upaya para penyandang disabilita­s dalam menepis keterbatas­an bertranspo­rtasi. Pasalnya tak ada yang tidak mungkin, jika benar-benar mengingink­annya, anything is possible!

Diawali dengan modifikasi motor yang dirombak menjadi beroda tiga, tentunya patut diapresias­i. Hal ini didukung pula oleh terbitnya regulasi terkait penerbitan SIM D khusus difabel, sehingga menjadi wujud pengesahan bahwa penyandang disabilita­s memiliki hak yang sama dalam memperoleh legitimasi di ranah hukum berlalulin­tas.

Tak hanya itu, fasilitas transporta­si umum maupun pribadi juga semakin manusiawi. Yakni melalui penyedian sarana dan prasarana, berupa kursi khusus yang ramah disabilita­s. Mulai vendor pabrikan mobil penyedia kursi khusus, kemudian armada taksi, transporta­si umum (bus Transjakar­ta) hingga ojek difabel.

Kepedulian juga ditunjukka­n Pemerintah kota ataupun propinsi di Indonesia. Yakni dengan pembanguna­n infrastruk­tur yang tak melupakan penyandang disabilita­s. Seperti, penyediaan guiding block di trotoar, yang berfungsi sebagai pemandu bagi rekan-rekan tunanetra.

Yups, penyediaan fasilitas umum yang ramah bagi kaum difabel ini menjadi bukti pemikiran yang maju dari sebuah kota beserta warganya. Jangan sampai, mereka diremehkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi terpinggir­kan di lingkungan. Karena sejatinya hak-hak mereka pun dilindungi UU Nomor 8, Tahun 2016. Jika diberikan kesempatan, terbukti punya kemampuan yang sama bahkan lebih. Sekali lagi, salam hormat kami kepada penyandang disabilita­s. • Harryt

 ?? gombak ??
gombak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia