Otomotif

Euro Style LCGC

-

Marfis Syafri, pemilik Toyota Agya berkelir putih yang Anda lihat di halaman ini, begitu sayangnya dengan mobilnya tersebut. Bahkan ia rela mengeluark­an biaya ekstra, untuk bikin tampilan LCGC keluaran Toyota miliknya itu jadi lebih keren. “Saya pengin bikin mobil ini terlihat beda dari yang lainnya,” tukas Afis, sapaan akrabnya.

Ia pun menggaet Felix dari workshop Sekip Jaya Palembang, untuk membantuny­a mewujudkan niatannya itu. “Target saya 1 bulan selesai, karena mau ikut kontes modifikasi IAM dan Autolightu­p Palembang,” bilang Afis lagi. Untungnya, Felix menyanggup­i permintaan customerny­a ini.

Pertama yang dikerjakan Felix adalah memodifika­si sektor lampu. “Saya bikin model simpel saja, pakai proyektor yang digrafir motif honey comb dipadu HID Autovision plus RGB modul, agar bisa ganti-ganti warna,” jelas Felix. Begitu juga dengan lampu belakang yang ikut dimodifika­si juga.

ADA UNSUR KEDAERAHAN

Interior pun juga dikerjakan sekalian dengan konsep yang unik. “Saya minta Felix menggabung­kan bahan Mbtech hitam dan kain songket khas Palembang. Jadi, ada unsur tradisiona­l dan terlihat mewah juga,” bilang Afis yang berkacamat­a. Ditambah lagi dengan lampu LED putih di beberapa bagian interior yang membuat kabin Agya ini semakin terlihat ‘mahal’.

Nah untuk pelek, rupanya Felix punya ide yang beda. “Pasang pelek Mercy sepertinya oke tuh!” serunya. Akhirnya pelek OEM Mercy E260 W211 yang kerap disebut ‘kuku macan’, langsung dipasang setelah ubah PCD dari 4x100 ke 5x112. “Ubah Pcd-nya lumayan ribet. Karena dudukan bautnya kecil. Akhirnya bikin dudukan baru lagi di tukang bubut,” ulasnya.

Suspensiny­a pun tak mau kalah, opsi pakai suspensi pintar alias air suspension jadi pilihan mereka berdua. Air sus lansiran Universal Air 2 channel pun langsung dipasang, “Yang agak sulit itu pemasangan yang depan, dudukan balonnya diambil dari coil over aftermarke­t,” jelas Afis. Masih kata Afis, ini adalah Agya kedua yang pakai air sus di Indonesia dan pertama di Palembang!

Untuk audio, Afis mengirim

mobilnya ke Alwi Audio di Palembang juga. Mulai dari head unit 2DIN Oris, speaker 3 way Domination, speaker Buddy 6B, dan power 4 channel Buddy, langsung diinstal di sana. Subwoofer pun pakai produk Buddy berukuran 12 inci, dipadu power monoblock dari Buddy juga.

Hasilnya cukup mengejutka­n, “Dapat champion di Autovision Autolightu­p, Best City Car dan Best 3 Cylinder,” tukasnya. “Next target saya akan pasang panoramic roof, pasang turbo, wide body dan ganti pelek. Juga akan ganti desain interior plus audio,” seru pria 28 tahun ini.

Ditunggu kelanjutan­nya sob! • Kyn

 ?? FOTO: Kyn ?? Interior paduan kulit semi sintetis dan kain songket Palembang serta lampu LED, mewah!
FOTO: Kyn Interior paduan kulit semi sintetis dan kain songket Palembang serta lampu LED, mewah!
 ??  ?? Pelek OEM Mercy E260, harus ubah PCD dulu Pasang air sus biar bisa mantul!
Pelek OEM Mercy E260, harus ubah PCD dulu Pasang air sus biar bisa mantul!
 ??  ?? Modifikasi lampu-lampunya sukses sabet juara kontes
Modifikasi lampu-lampunya sukses sabet juara kontes
 ??  ?? Audio di kabin belakang untuk kontes
Audio di kabin belakang untuk kontes

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia