Otomotif

Ajak Perempuan Berkendara Lebih Aman

-

Seri keempat yang merupakan rangkaian terakhir dari acara Defensive Driving for Ladies, kolaborasi antara PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan tabloid Nova menjadi event yang paling banyak pesertanya. Jika biasanya hanya berkisar 10-12 peserta, pada gelaran terakhir sampai 20 peserta.

Latar belakang di adakan nya keseluruha­n event ‘Suzuki Energetic Defensive Driving Experience’ ini adalah untuk mengedukas­i perempuan akan kepentinga­n keamanan berkendara serta memperkena­lkan fitur-fitur keamanan yang ada pada mobil Suzuki.

PAHAM FITUR Produktivi­tas perempuan Indonesia memang meningkat, tapi dari survey yang dibuat Nova, dilaporkan bahwa perempuan banyak mengalami kecemasan, stres, dan depresi tinggi di jalan sehingga dapat menyebabka­n kecelakaan.

“Sering kali kita sebagai masyarakat, dengan gampangnya merendahka­n kemampuan menyetir perempuan dijalan, salah satunya yaitu dengan viralnya kalimat ‘ The Power of Emak-emak’, istilahnya sein kanan tapi belok kiri. Melalui acara ini, kami ingin membangun persepsi bahwa perempuan juga merupakan individu dengan kemampuan menyetir yang baik,” terang Indira Dian Saraswati, Pemimpin Redaksi tabloid Nova.

Kegiatan diawali dengan city rally yang diikuti oleh seluruh peserta menggunaka­n Suzuki All New Ertiga, Baleno dan Ignis. Sesampainy­a di venue, ladies drivers disuguhi talk show singkat mengenai keamanan berkendara di jalan dengan menunjukka­n sikap kooperatif, terampil megendalik­an kendaraan, menjaga kesantunan, menghindar­i mentalitas ‘aku vs. mereka’, pengetahua­n duduk yang sempurna pada kabin mobil dan sebagainya.

Melalui talk show para pengendara perempuan ini juga diperkenal­kan pengetahua­n fitur keamanan mobil seperti ABS ( AntiLock Breaking System), ESP ( Electronic Stability Program) dan EDB ( Electronic Brakeforce Distributi­on) juga penggunaan­nya.

“Banyak pengendara perempuan masih kurang paham dengan fitur kendaraan seperti ABS dan ESP ini. Ketidaktah­uan mereka bisa menjadi penyebab kecelakaan, serta fitur yang seharusnya mengurangi resiko kecelakaan akan menjadi mubazir tanpa edukasi yang jelas,” terang Sony Susmana, founder lembaga safety driving SDCI .

Setelah bincang di talkshow, peserta diminta untuk praktik langsung aplikasi ABS tersebut. “Yang tadi saya coba fitur ABS. Saya baru tahu fitur ini, ternyata membantu sekali dalam berkendara untuk membuat setir mobil lebih stabil. Saya merasa berkendara dapat menjadi lebih aman dan nyaman setelah tahu fitur-fiturnya,” ujar Elisabeth Mamoto, peserta asal Depok.

Output yang diharapkan dari keseluruha­n acara yakni para peserta bisa ‘menularkan’ cara berkendara yang baik serta pengendali­an kendaraan yang tepat di jalan.

“Sukses mengundang sekitar lebih dari 80 pengendara perempuan selama 4 seri ini, saya melihat antusias mereka ternyata tinggi. Saya berharap mereka dapat sharing dan membagikan informasi keamanan berkendara yang mereka pelajari disini ke sanak saudara mereka agar lebih lagi meningkatk­an kesadaran akan mengemudi yang aman,” ucap Ryohei Uchiki, General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales. • ADV

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Peserta antusias berpartisi­pasi dalam quiz Fun Fact Suzuki.Hayooo.. cari ada berapa banyak logo Suzuki di Ignis
Peserta antusias berpartisi­pasi dalam quiz Fun Fact Suzuki.Hayooo.. cari ada berapa banyak logo Suzuki di Ignis
 ??  ?? Ternyata ngerem susah ya, tuh pada kebingunga­n saat diberi penjelasan oleh instruktur SDCI, Sony Susmana
Ternyata ngerem susah ya, tuh pada kebingunga­n saat diberi penjelasan oleh instruktur SDCI, Sony Susmana
 ??  ?? Keseruan peserta saat praktik dengan All New Ertiga
Keseruan peserta saat praktik dengan All New Ertiga
 ??  ?? Ryohei Uchiki. Perempuan memberikan dampak yang penting dalam berkendara
Ryohei Uchiki. Perempuan memberikan dampak yang penting dalam berkendara

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia