Otomotif

BARU TAHAP AWAL

Honda Civic Nova 1988

- Johan

Hatchback legendaris Honda Civic Nova, masih jadi idaman penyuka aliran street performanc­e. Termasuk Mulyadi yang sejak lama mengincar unit dream car yang nongol di era 1988 sampai ‘90an tersebut. “Beruntung saya masih nemu unitnya. Itu pun dapatnya dalam kondisi berantakan,” tutur warga Kreo, Jakarta Barat ini.

Ia pun mulai membenahin­ya secara bertahap. Dimulai dari eksterior yang memakan waktu paling lama. Soalnya, Mulyadi harus mengganti sepasang pintunya. “Kondisinya sudah parah dan harus diganti. Nyari barangnya mesti ngubek-ngubek penjual part limbahan. Makanya makan waktu lama,” tukasnya.

Setelah itu, ia mengganti headlamp bawaan dengan headlamp aftermarke­t yang sudah mengusung projector. Langkah ini atas pertimbang­an dikarenaka­n headlamp asli Honda Nova lebih mahal ketimbang produk aftermarke­t bikinan Taiwan itu.

Sasaran berikutnya adalah kaki-kaki. Suspensi dibenahi dengan mengganti per pakai produk custom. Sementara shockbreak­er- nya pakai model gas keluaran aftermarke­t. Langkah tersebut untuk menyesuaik­an pemakaian pelek replika Spoon, yang dipadu ban Bridgeston­e EP 150 berprofil 175/65 R15.

INTERIOR BERNUANSA SPORTY

Setelah bodi dan kaki-kaki beres, lanjut ke bagian interior. Karena konsep modifikasi yang mau diaplikasi adalah street racing, maka aura sporty dibikin kental dalam kabin lewat jok model bucket keluaran Bride. Namun agar tetap nyaman buat pemakaian harian, jok tersebut dibungkus kulit dan busanya dibikin agak tebal. Tak ketinggala­n dipasang pula safety belt 5 titik dan setir diganti pakai Momo Retro.

Masih di interior, Mulyadi memasang sederet perangkat audio di ruang bagasi, dengan penataan kosmetik. “Untuk urusan audio, saya percayakan pada Pesona Audio di Jl. Pos Pengumben, Jakarta Barat,” ungkapnya.

Setelah semuanya beres dibenahi, baru lah masuk tahap pengecatan warna putih dan pemasangan cutting sticker, biar tampilanny­a makin keren. “Ini baru tahap permulaan. Nanti mau dibikin lebih heboh lagi,” kata Mulyadi sembari kasih tahu kalau proyek Civic Nova ini sudah menghabisk­an biaya dandan sekitar Rp 50 jutaan.

Upss.., tapi kok ada sedikit kejanggala­n ya pada cutting sticker- nya, Honda kok Tom’s ya? Hehehe....•

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Mesin resik hanya terapkan porting polish
Mesin resik hanya terapkan porting polish
 ??  ?? Cabin belakang Cosmetic Audio berkelas SQL
Cabin belakang Cosmetic Audio berkelas SQL
 ??  ?? Stir bernuansa retro
Stir bernuansa retro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia