Otomotif

KETIKA WANITA LEBIH SENANG KE BENGKEL

WANITA INI LEBIH MENDANDANI MOBIL KETIMBANG DIRINYA

- • ADV

Yup, Titik Indrayanti memang lebih gemar mendandand­i mobil kesayangan­nya ketimbang dirinya. “Buat saya lebih seru ke bengkel daripada pergi ke salon, hehehe..,” kekeh Titik, sapaan akrabnya. Hasil dari ke bengkel itu adalah Honda Brio RS yang fotonya sedang Anda lihat sekarang. Keren kan?

Tak cuma itu, dari tempat tinggalnya di Palangkara­ya, Kalimantan Tengah, ia bela-belain nyeberang ke Bandung, Jabar, untuk memodifika­si mobil kesayangan­nya itu. Wow! “Saat itu pas ada acara Brionesia juga di Bandung. Ya sudah, sekalian touring dan modif mobil di sana,” bilangnya.

Di Bandung, ia menyerahka­n proses modifikasi Brio RS keluaran 2017 miliknya tersebut, ke KJS Autoshop di kawasan Pasir Koja. “Di KJS Autoshop, eksteriorn­ya dipasangka­n splitter dan rear diffuser karbon, kap serta fender karbon. Headlamp- nya juga ikut dimodif pakai produk Autovision,” jelas Titik. Finishingn­ya, seluruh bodi diwraping dengan warna gold.

UPGRADE KAKI-KAKI

Tak hanya make up luarnya saja, kaki-kaki juga ikut didandani. Titiek mengganti keempat pelek standarnya. “Kebetulan pas dapat pelek Momo ini. Ketika dipasang, ternyata cocok dan keren!” serunya. Pelek 15 inci ini dibalut ban Achilles 123S ukuran 195/50 R15. Sebelumnya, suspensiny­a diganti coil over Tein. “Semua saya pilih sendiri loh!” serunya. Mantap!

Dari kaki-kaki, Titik beralih ke mesin. “Intinya saya cuma mau tenaga mesinnya enak buat jalan jauh,” bilangnya. Peranti pendongkra­k performa seperti piggyback Dastek Unichip Q4 dan NX Nitrous Express pun langsung dipasang. Tak ketinggala­n Greddy Trust intake kit, HKS air compressor serta open filter HKS, juga turut diaplikasi.

Nah sebagai pamungkas, giliran interior kena jamah. Jok replika Bride Cuga dipasang menggantik­an jok asli depan. Spidometer indiglow Mugen juga disematkan agar tampilan interior di malam hari lebih eye catching. K-bar dan audio juga

Interior ala street racing

ditambahka­n untuk menguatkan kesan street racing.

“Masih ada beberapa ide lagi yang belum sempat saya realisasik­an nih. Next- nya mudah-mudahan sempat,” tutup wanita 30 tahunan ini. Luar biasa! • Kyn

Setiap konsumen yang membeli Suzuki All New Ertiga tentunya sudah dilengkapi dengan program servis berkala dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang merek (APM). Program ini merupakan salah satu layanan untuk meningkatk­an kepuasan pelanggan.

“Program servis ini sangat penting, karena untuk mencegah terjadinya masalah dan untuk menjamin keselamata­n serta kenyamanan berkendara,” ujar Suwandi, Service Advisor PT Sejahtera Buana Trada, Suzuki Authorized Dealer di kawasan Pulo Gadung, Jaktim.

Para pemilik All New Ertiga sebaiknya melakukan perawatan berkala sesuai jadwal. Tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu, jarak tempuh atau bulannya.

“Perawatan berkala dibutuhkan bagi mobil baru, agar mobil kesayangan selalu tampil prima dan optimal. Sebaiknya, servis berkala dilakukan di bengkel resmi. Karena konsumen akan mendapatka­n banyak keuntungan. Yaitu gratis biaya jasa servis, jaminan pekerjaan dari teknisi andal serta jaminan keaslian suku cadang dan garansi servis maupun suku cadang,” saran Wandi.

Asyiknya, konsumen mendapatka­n 6 kali servis gratis. Yaitu pada 1.000 km/1 bulan, 10.000 km/6 bulan, 20.000 km/12 bulan, 30.000 km/18 bulan, 40.000 km/24 bulan dan 50.000 km/30 bulan. Perlu dicatat bahwa jika ada penggantia­n suku cadang tetap akan dibebankan kepada konsumen. Yang gratis adalah biaya jasanya.

Manual da n Matik Berbeda

Perlu diketahui juga bahwa biaya perawatan All New Ertiga berbeda antara yang bertransmi­si manual (M/T) dengan transmisi otomatis (A/T).

Untuk pemakaian selama 3 tahun atau 60.000 km, All New Ertiga transmisi manual menghabisk­an total biaya Rp 3.773.739 untuk perawatann­ya. Sedangkan yang bertransmi­si otomatis sebesar Rp 3.376.688. Tidak terlalu jauh berbeda antar kedua varian tersebut.

Rinciannya lihat tabel di bawah.

Khusus untuk servis di 60.000/36 bulan, dikenakan biaya jasa sebesar Rp 485.100. Biaya servis tersebut berlaku area Jabodetabe­k dan sudah termasuk pajak 10%.

Menariknya, Anda bisa mendapatka­n benefit lebih jika gabung ke komunitas. Seperti diungkapka­n Daniel Siregar selaku Ketua Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Jakarta.

“Karena kita di ERCI Jakarta sudah menjadi rekanan dengan salah satu bengkel resmi Suzuki,” ujar pemilik Ertiga GX Elegant bertransmi­si manual tahun 2014 ini.

Benefit tersebut adalah diskon sebesar 15% untuk suku cadang dan 20% untuk jasa. “Namun tiap BERES berbeda kebijakan diskonnya,” tambah Daniel.

Ia juga mengatakan, perawatan Suzuki Ertiga tidak terlalu sulit. “Yang penting melakukan perbaikan secara berkala dan jangan sampai telat untuk ganti oli baik untuk mesin maupun transmisi,” pungkasnya.

 ?? foto: kyn ?? Pelek Momo orisinal, langka!
foto: kyn Pelek Momo orisinal, langka!
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Titik Indrayanti. Lebih seru ke bengkel daripada ke salon
Titik Indrayanti. Lebih seru ke bengkel daripada ke salon
 ??  ?? Pakai Tein agar lebih stabil coil over
Pakai Tein agar lebih stabil coil over
 ??  ?? Mesin dimodif buat touring jarak jauh
Mesin dimodif buat touring jarak jauh
 ??  ??
 ??  ?? Suzuki All New Ertiga punya banyak keuntungan
Suzuki All New Ertiga punya banyak keuntungan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia