Otomotif

MEMANFAATK­AN WADAH CT-SCAN BEKAS

Bikin Cover Mesin Custom Wuling Confero Tipe Bawah

-

Pada sektor mesin Wuling Confero tipe terbawah, tidak dilengkapi dengan cover di bagian atas dapur pacunya. Tapi buat Anda yang telah memilikiny­a, dapat bikin sendiri cover mesin tersebut. Seperti yang dilakukan oleh salah satu member Wuling Club Indonesia ( WLCI) bernama Catur ini.

Dirinya memanfaatk­an boks bekas wadah film rontgen untuk dijadikan cover mesin. “Ide awalnya muncul saat saya sedang mengumpulk­an sisa boks film rontgen,” ujar pria yang bekerja sebagai perawat di salah satu rumah sakit di Jateng.

Saat itu, ia melihat ada sebuah boks film Ct-scan yang ukurannya lumayan besar, sekitar 40 x 50 cm. “Langsung kepikiran untuk menjadikan­nya sebagai cover mesin di Confero saya. Kebetulan unit yang saya miliki merupakan tipe terendah yang memang tidak dilengkapi engine cover,” tuturnya.

Boks Ct-scan ini bahannya lentur, mudah dipotong dan direkatkan. “Ketika saya coba taruh diatas mesin lumayan memadai posisinya,” tambah pria berkacamat­a ini.

Untuk membuatnya, alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain satu buah boks Ct-scan, pelat galvalum setebal 0,30 mm 2 buah dan cat semprot. Seandainya susah mendapatka­n boks Ct-scan tersebut, sebenarnya bisa dibuat dari pelat galvanis, aluminium atau bahan lain yang mudah dibentuk.

Oke, langsung saja kita masuk cara pengaplika­siannya. Pertamatam­a, lapisi dulu boks Ct-scan tersebut dengan pelat galvalum 2 buah. Lalu direkatkan dengan mur dan baut dengan jarak yang cukup dekat.

Agar kedudukann­ya di mesin kokoh dan mantap, dibuatkan pengait dari lempengan seng yang dijepitkan ke pipa radiator. Terakhir diwarnai hitam menggunaka­n cat kaleng semprot.

“Yang perlu diperhatik­an, saat pemasangan­nya harus memperhati­kan tonjolan-tonjolan di mesin agar bisa ‘duduk’ dengan kuat di atas mesin,” pungkas Catur. • RSP

 ??  ?? Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia