Otomotif

POSISI LEBIH RACING

-

Setang New Kawasaki Ninja 250 memang cukup tinggi apabila dibandingk­an dengan rivalnya. Selain dipasang di atas yoke atau segitiga atas, bentuknya juga lebih tinggi. Desain seperti ini memang lebih nyaman untuk digunakan harian atau jalan jauh dibanding sport murni, tetapi riding position- nya dirasa jadi kurang sigap.

Nah, ada beberapa pilihan merek bila ingin mengganti setang si Ninja. Salah satunya lansiran B Pro, yang terbuat dari aluminium sehingga lebih ringan, serta posisinya lebih rendah dibanding orisinalny­a.

“Jadi lebih racing dan postur tubuh bisa lebih ergonomis ke motor,” terang Trisno dari Digioto.

Pemasangan dilakukan di gerai Digioto yang juga memasarkan setang ini seharga Rp 550 ribu dan biaya jasa Rp 30 ribu.

Pertama-tama copot dulu handel rem dan kopling menggunaka­n kunci T8 ( Gbr.1), dan jalu setang dengan kunci L4 ( Gbr.2). Setelah itu, buka panel sakelar dengan obeng plus. Langkah selanjutny­a lepas handgrip standar apabila ingin digunakan kembali ( Gbr.3).

Kemudian, copot setang bawaan dengan membuka baut pemegangny­a dengan kunci L6 ( Gbr.4). Setelah semua terlepas, lanjut memasang setang B Pro. Jangan khawatir tidak pas, karena diameter sudah sesuai dengan diameter as sok depan Ninja yang berukuran 41 mm. Pasang setang dan kencangkan kedua bautnya ( Gbr.5).

Langkah selanjutny­a tinggal memasang kembali semua perabotan lenong yang sebelumnya dilepas, seperti handel rem dan kopling serta panel sakelar, dengan langkah kebalikan saat melepasnya di awal.

Nah, apabila Anda ingin sekalian mengganti handgrip dengan produk aftermarke­t atau memasang gas spontan, bisa banget! Seperti ilustrasi berikut yang memasang handgrip lansiran Domino.

Apabila tertarik, Anda dapat memboyong Ninja Anda ke gerai Digioto yang terletak di Jl. Raya Pos Pengumben No. 43B, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. • Rangga

Pelek tetap mengadopsi palang lima dengan model ‘Y’, tapi desainnya berubah. Palangnya tak lagi miring, sekarang tegak seperti pelek Marchesini, dan dilengkapi pulser ring untuk membaca kecepatan roda, yang versi ABS tentu ada di kedua roda. Hmmm... sekilas malah mirip pelek Suzuki GSX-R150 nih.

 ??  ??
 ??  ?? 2 FOTO: ISTIMEWA
2 FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? 3
3
 ??  ?? 5
5
 ??  ?? 1
1
 ??  ?? 4
4
 ??  ?? 3
3
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia