Otomotif

BIAR BISA PAKAI BAN GAMBOT

-

Kawasaki W175 jadi favorit untuk bahan modifikasi kustom kultur, lantaran secara basis rangka dan desain sangat mendukung. Tapi ada satu bagian yang kadang perlu diganti, terutama area kaki-kaki yaitu lengan ayun.

“Jika ingin pakai ban lebar di atas 130/7017, ternyata ban berisiko terkena swing arm. Solusinya ganti dengan yang lebih lebar dan panjang,” ungkap Abraham Simatupang punggawa Batakastem (BK) yang bermarkas di Pamulang, Tangerang Selatan.

Abram bersama tim Batakastem punya dua alternatif pilihan lengan ayun. “Pertama pakai punya Honda Tiger, baik orinya maupun versi aftermarke­t yang biasa dijual sekitar Rp 500 ribu ( Gbr.1), ukurannya lebih panjang 7 cm dan lebih lebar dari swing arm standar W175,” beber Abram.

Masih menurut Abram, pilihan kedua milik Bajaj Pulsar 180 dan 220 yang dibanderol sekitar Rp 600 ribu. Dimensinya lebih panjang 9 cm dari swing arm standar W175 ( Gbr.2).

Untuk pemasangan­nya pun cukup mudah, hanya butuh penggantia­n bosh arm pakai punya Honda Tiger yang berukuran lebih besar sekitar 2 mm dan lebih pendek dari standarnya, tujuannya agar lengan ayun tidak goyang Gbr.3). Selain bosh arm, as roda pun juga diganti dengan ukuran yang lebih panjang sekitar 2 cm pakai kepunyaan Honda Tiger ( Gbr.4). Setelah semua disesuaika­n, terakhir perlu menambah panjang rantai sebanyak 8 mata dan mengganti as rem dengan yang lebih panjang.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? 2
2
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia