Otomotif

BISA DISESUAIKA­N MEREK & KERUSAKAN

Reparasi Wearpack

-

Kebutuhan apparel dalam beberapa tahun terakhir bisa terbilang tinggi. Bukan hanya untuk balapan serius tapi juga fun race bahkan juga bagi mereka yang suka riding dengan jarak jauh. Maka itu, wearpack one piece dan two piece saat ini sedang diminati.

Tinggi permintaan, tinggi juga penggunaan dan risiko kerusakann­ya. Mulai sobek karena terjatuh sampai warna yang pudar karena terpapar sinar matahari dan diguyur air hujan. Masalah ini menjadi yang paling sering dialami para pemilik wearpack.

Makin banyaknya gerai yang membuka jasa reparasi wearpack cukup mendukung kebutuhan tersebut. Sebab butuh keterampil­an khusus untuk bisa memperbaik­i ‘kulit luar’ bagi pembalap ini. Misalnya Prime Gears yang menjadi distributo­r resmi RS Taichi.

“Kalau di Prime Gears itu khusus bagi pengguna RS Taichi saja yang bisa servis di tempat kami. Tapi itu semua gratis dari perbaikan sampai koreksi warna. Tapi kalau sudah sampai kerusakan protektor, untuk saat ini sih belum bisa dan harus nunggu protektor barunya datang dari Jepang, jadi lumayan lama,”kata Dimas Prayogo, Teknisi Apparel di Prime Gears.

Demikian juga dengan De Ride yang menjadi gerai resmi dari PT. Prakarsa Abadi Sentosa, distributo­r resmi wearpack Alpinestar­s. Tidak ada penarikan harga khusus jika hanya servis ringan yang dilakukan pada wearpack yang mereka distribusi­kan. Namun jika harus berubah warna, para distributo­r ini belum tentu bisa melayaniny­a saat ini.

“Soalnya RS Taichi pakai cat khusus yang tidak mudah luntur. Catnya dari Jepang, untuk ke depannya sih pasti bisa untuk ngubah warna,”dimas menambahka­n.

UBAH WARNA

Sedangkan toko khusus perbaikan wearpack milik mantan pembalap Florianus Roy yang bernama ‘Shoes Clinic 92’bisa mengubah warna wearpack sesuai yang diinginkan dengan cat impor dari Amerika Serikat.

“Kalau ubah warna wearpack, tarifnya itu Rp 400 ribu sampai Rp 1 Juta, tergantung seberapa banyak bagian yang diubah warnanya,”kata Roy, sapaannya. Untuk wearpack yang sobek, tarif pengerjaan­nya pun tergantung seberapa besar kerusakann­ya dan diganti dengan kulit sapi, seperti wearpack lokal pada umumnya.

“Pengerjaan servis dan repaint membutuhka­n waktu sekitar 2 sampai 3 minggu, tergantung sedang berapa banyaknya order yang diterima kami. Kalau sedang sepi bisa lebih cepat, kalau lagi ramai yang mungkin bisa lebih lama,”tambah juara nasional Indoprix 2012 itu.

Shoes Clinic 92 juga bisa mengganti protektor yang rusak. Hanya saja, protektor yang digunakan adalah jenis yang universal untuk semua merek. Jadi ada kemungkina­n bentuk dan kenyamanan­nya akan berubah. Ini yang membuat Roy menyaranka­n kalau mengganti protektor ke gerai yang sesuai dengan merek wearpackny­a.

Selain wearpack, tokonya juga bisa memperbaik­i dan mengecat ulang sepatu balap, sepatu harian, dan gloves untuk balap motor.

Berminat? • DAB

 ??  ?? wearpack Penggantia­n protektor yang rusak, sebaiknya di gerai khusus yang mendistrib­usikan merek
wearpack Penggantia­n protektor yang rusak, sebaiknya di gerai khusus yang mendistrib­usikan merek
 ??  ?? Shoes Clinic 92 juga terima jasa penggantia­n warna. FOTO : DAB
Shoes Clinic 92 juga terima jasa penggantia­n warna. FOTO : DAB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia