Otomotif

LINDUNGI DARI REMBESAN AIR

-

Karat, memang momok menakutkan pada kendaraan bermotor. Garagara karat, selain bisa bikin susah, terutama ketika hendak melepas sebuah komponen, juga bisa berbahaya bagi keselamata­n berkendara. Apalagi jika terjadi pada bagian yang vital di kendaraan tersebut, yang berpengaru­h terhadap safety.

Nah, memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, ‘penyakit’ tersebut bisa saja menyerang mobil kesayangan Anda. Soalnya, air hujan kadang memiliki kadar keasaman yang bisa menimbulka­n karat pada logam.

Contoh salah satu bagian di mobil yang bisa terserang karat akibat kemasukan air, yaitu ujung atas as sokbreker depan yang ada drat dan mur pengancing­nya ( gbr.1). Penyebabny­a, pada beberapa mobil, saluran pembuangan air yang meluncur dari kaca depan, ada yang mengarah ke dudukan atas sokbreker depan (gbr.2), seperti di Suzuki Ertiga lama.

Meski bagian atas dudukan sok tersebut umumnya terlindung tutup karet, air bisa saja merembes masuk ke dalam bagian dudukan yang celong. “Makanya gue kasih sealant di sisi-sisi tutup karetnya (gbr.3), untuk mencegah air merembes ke dalam bagian yang ada ujung as soknya. Bisa juga diakali dengan mengarahka­n buangan airnya ke sisi yang aman,” bilang Wandi, salah satu member Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Bekasi, Jabar.

Sebab bila karat sudah menyerang parah di ujung as sok tersebut, Anda bakal kesulitan melepas mur pengancing­nya buat menservis atau mengganti sok depan, sekalipun dibantu impact drill. Nah, jika karat belum menyerang bagian itu di mobil Anda, “Ada baiknya olesi gemuk pada ujung as soknya (gbr.4),” saran Sukandi, mekanik bengkel OSS di Jl. Panjang NO.8A, Kebin Jeruk, Jakbar.

Namun bila karat sudah terlanjut menyerang, segera semprotkan penetran macam WD40 (gbr.5), guna merontokka­n karatnya. Lalu coba kendurkan mur pengancing as sok, untuk memastikan dratnya masih ‘aman’ atau tidak. • DIC

 ??  ?? 2
2
 ??  ?? 5
5
 ??  ?? 3
3
 ??  ?? 4
4
 ??  ?? 1
1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia