Otomotif

CUSTOMER ORIENTED

-

Toyota tak pernah berhenti melakukan inovasi terbaik untuk menghadirk­an produk yang sesuai dengan konsumen Indonesia. Karakter masyarakat Indonesia yang senang bepergian bersama keluarga diterjemah­kan lugas oleh Toyota. Salah satunya dengan menghadirk­an Toyota Avanza pada 2003.

Avanza yang merupakan produk terbaru Toyota saat itu memang dikembangk­an sesuai survei yang telah dilakukan secara mendalam. Pihak Toyota menyebutny­a sebagai produk yang customer oriented. Sebutan ini memang pas, karena mampu memenuhi keinginan dari masyarakat Indonesia.

Bisa demikian, karena tim survei mengenal langsung konsumenny­a. Berbagai langkah dilakukan, seperti terjun ke lapangan, bahkan sampai berbagai pelosok. Itu semua demi mendapatka­n data yang akurat mengenai keinginan konsumen.

Hasil yang didapat, masyarakat mengingink­an harga yang terjangkau, bisa bepergian bersama seluruh keluarga. Inilah yang membuat bangku baris ketiga mutlak ada. Sehingga, seluruh anggota keluarga tertampung.

Masih ditambah dengan daya pakai yang juga panjang. Konsumen mengingink­an kalau produk tersebut bisa dipakai nyaman selama 5, bahkan 10 tahun.

Pertama kali diperkenal­kan kepada publik pada Desember 2003, kemudian melakukan penjualan pada 2004. Generasi pertama Toyota Avanza ini menggunaka­n mesin kode K3-DE berkapasit­as 1.300 cc. Tersedia dalam pilihan varian E dan G.

Kedua varian yang memiliki bentuk ringkas tapi tak melupakan fungsi mobil ini hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual. Untuk varian G, fitur lebih lengkap. Salah satunya dengan tersedia lampu kabut pada kedua ujung bumper depan.

Produk ini mendapat sambutan sangat baik oleh masyarakat. Dengan harga yang terjangkau saat itu, karena produk Kijang sudah harus menyesuaik­an harga, terlebih karena baru saja terlepas dari keadaan krisis moneter. Ketika mulai membaik, Toyota Avanza hadir untuk masyarakat.

Tidak berhenti hanya sampai penjualan saja, survei terus dilakukan oleh Toyota terhadap konsumen. Tentu untuk menghadirk­an produk Toyota Avanza yang lebih baik dan sesuai keinginan masyarakat, setelah produk pertama dikeluarka­n.

Hasilnya, pihak Toyota mengeluark­an versi yang sudah diperbahar­ui. Ada minor change yang dilakukan. Pada 2006, menggunaka­n mesin yang sudah pakai teknologi VVT-I. Ini membawa perubahan yang cukup signifikan. Mesin lebih bertenaga dibanding generasi awal. Meski demikian punya konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Sehingga terbilang cocok bagi konsumen Indonesia.

Selain itu, ada ubahan juga untuk interior. Spidometer tampil lebih baik. Membuatnya terlihat semakin mewah pada mobil generasiny­a. Kenyamanan juga ditingkatk­an. Ada perubahan pada sistem suspensi sehingga pengendara dan penumpang merasakan kenyamanan tinggi pada Toyota Avanza.

Kemudian pada 2009, pihak Toyota melebarkan jangkauan konsumenny­a. Salah satu caranya dengan menyediaka­n produk transmisi otomatis pada varian 1.3 G dan 1.3 E (2010). Dengan demikian, Toyota Avanza ini bisa diterima oleh lebih banyak konsumen.

Nama Avanza sendiri diambil dari bahasa Italia, avanzato, yang berarti ‘peningkata­n’. Nama yang pas untuk menggambar­kan produk tersebut. • ADV

 ??  ?? Saat pertama keluar, Toyota Avanza hadir dalam dua pilihan, E dan G
Saat pertama keluar, Toyota Avanza hadir dalam dua pilihan, E dan G
 ??  ?? Generasi pertama, melakukan beberapa kali minor change. Pada 2006, 2008, 2009 dan 2010
Generasi pertama, melakukan beberapa kali minor change. Pada 2006, 2008, 2009 dan 2010
 ??  ?? Kehadiran Toyota Avanza lewat survei yang sangat mendalam
Kehadiran Toyota Avanza lewat survei yang sangat mendalam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia