Otomotif

PACUAN SANG TESTER

RAIH PODIUM 2 DI GERY MANG SUBANG

-

Gelaran Indoclub Championsh­ip yang berlangsun­g di sirkuit Gery Mang, Subang, Jabar beberapa saat lalu ramai diserbu pembalap. Salah satunya Fariz Ibrahim, yang tak lain juga tester OTOMOTIF, yang turun pakai Suzuki GSX-R150 dari tim Turtle Advance Racing Team Suzuki, yang berhasil merebut juara 2 di kelas Sport 4T 150cc (GSX/CBR/R15) dengan torehan waktu terbaik 1 menit 4,171 detik.

Raihan itu tentu berkat motor kencang yang ternyata oprekan Zaim Basalim, “Mesin pakai piston forged RRGS diameter 64 mm dengan clearance 0,3 mm. Perbanding­an kompresiny­a 12,8:1 ini didapat dari dome 1 mm,” sebut Jems, panggilan akrabnya.

Pada kepala silinder sudah menggunaka­n klep yang lebih besar, klep in 25 mm dan ex 23 mm lengkap dengan noken as custom, “Durasi in 280° dan ex 279°, lift- nya 8,9 mm. Tujuannya untuk kejar putaran atas,” urai pria owner bengkel Jems Sparraw di Jl. Flores V No.39, Aren Jaya, Bekasi Timur.

Masuknya udara diperbanya­k dengan throttle body bawaan yang sudah di- reamer menjadi 35 mm, berikut ditambah velocity stack agar asupan udara lebih terarah, “ECU pakai BRT Juken 5, gak ada kesulitan mapping untuk sirkuit Subang karena gak beda jauh sama sirkuit Sentul Karting,” tambahnya.

Agar dapat melahap tikungan dengan cepat dan stabil, ban pakai tipe soft compound FDR MP27 90/80-17 untuk depan, sedang belakang FDR FR75 110/70-17 yang membalut pelek CBR150R.

Kedua supensinya pakai standarnya tapi dimodifika­si. “Sok depan setting ulang rebound dengan cara mengubah lubang suling jadi lebih kecil biar soft saat rebound. Kalau belakang sok standar tapi disuntik oli yang lebih kental,” urainya.

Untuk sektor pengereman meski masih menggunaka­n kaliper rem standar bawaan GSX-R150, namun kedua kalipernya sudah menggunaka­n CBR250RR yang terpasang pada bracket custom agar pengereman lebih maksimal.

Wuuuzz... Ciieett!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? foto: istimewaSo­k belakang standar tapi dimodifika­si dengan oli kental
foto: istimewaSo­k belakang standar tapi dimodifika­si dengan oli kental
 ??  ?? ECU Juken 5 mapping- nya mirip sirkuit Sentul Karting
ECU Juken 5 mapping- nya mirip sirkuit Sentul Karting
 ??  ?? Final gear 48/13, ternyata masih kurang untuk sirkuit Subang
Final gear 48/13, ternyata masih kurang untuk sirkuit Subang
 ??  ?? Knalpot Over Racing bersilence­r pendek
Knalpot Over Racing bersilence­r pendek
 ??  ?? Kaliper pakai CBR250RR dengan bracket custom agar lebih pakem
Kaliper pakai CBR250RR dengan bracket custom agar lebih pakem

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia