Otomotif

Hore, HADIR BBM Baru Asing Lagi!

H.21

-

PT AKR Corporindo (AKRA) akhirnya menjalin kerja sama dengan BP (British Petroleum) mengoperas­ikan SPBU pertamanya di Indonesia. Persisnya di bilangan Rawa Buntu, Tangsel.

Perusahaan joint venture ini melebur menjadi PT Aneka Petroindo Raya (APR) dengan SPBU bernama BP AKR BBM Retail yang ditargetka­n bakal berdiri di 350 lokasi seluruh Indonesia.

“Dalam 10 tahun ke depan AKR merencanak­an akan membuka kurang lebih 350 SPBU BP AKR, yang terutama berlokasi di Jabodetabe­k, Surabaya, dan Bandung,” terang Haryanto Adikoesoem­o, Presiden Direktur AKRA melalui press release- nya (28/11).

Retail BBM BP-AKR fokus untuk memberikan layanan yang berbeda dengan BBM dan pelumas berkualita­s serta gerai convenienc­e untuk konsumen Indonesia. Di SPBU BP AKR menawarkan empat jenis bahan bakar, yakni BP90, BP92, BP95 serta BP Diesel yang mengandung formula teknologi khusus ACTIVE.

Kerja sama BP dan AKR di pasar retail BBM tentu menyemarak­kan kompetisi bisnis retail BBM. “SPBU retail BP sudah terkenal luas di Amerika Serikat dan Eropa dengan BBM berkualita­s, minyak pelumas Castrol. Kami senang sekali membawa BBM merek BP dan layanan yang nyaman untuk konsumen untuk yang pertama kali di Indonesia,” sebut Neale Smither, Komisaris APR.

TEKNOLOGI ‘KNOW FLOW’

SPBU BP AKR dibekali teknologi ‘Know Flow’, yang fungsinya meminimali­sir adanya kecurangan operator. Teknologi tersebut diklaim pertama kali diaplikasi di Indonesia oleh SPBU BP AKR. “Teknologi ini, fungsinya agar operator hanya bisa melayani masing-masing di satu dispenser,” jelas Joko Sutrisno, Supervisor SPBU BP AKR saat dijumpai OTOMOTIF (30/11).

Masih menurut Joko, tiap operator dibekali ID card yang harus di- tapping pada salah satu dispenser. “Jadi operator enggak bisa cheating. Pelat nomor konsumen harus diinput, agar BBM dan struknya keluar. Dengan begitu konsumen enggak bisa akal-akalan beli bon kosong,” imbuh Joko.

Pantauan OTOMOTIF di lokasi, terdapat 5 dispenser bermerek Wayne. Tiap dispenser melayani 4 nozel di kiri dan kanan (BP90, BP92, BP95 serta BP Diesel). Fasilitas pendukungn­ya cukup lengkap.

Yakni parkiran, convenienc­e store, bengkel ‘Bike Point’ Castrol, shelter isi angin, toilet dan tempat ibadah. “SPBU kami juga dilengkapi automatic tank gauge, yang berfungsi mendeteksi stok BBM secara akurat,” lanjutnya lagi.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Tersedia convenienc­e store Fasilitas toilet cukup bersih dan wangi. Masih baru sih ya...
Tersedia convenienc­e store Fasilitas toilet cukup bersih dan wangi. Masih baru sih ya...
 ??  ?? Ganti oli motor bisa mampir ke Bike Point Castrol
Ganti oli motor bisa mampir ke Bike Point Castrol
 ??  ?? Ada shelter isi angin ban
Ada shelter isi angin ban
 ??  ?? Tiap dispenser hanya bisa dioperasik­an oleh satu orang operator
Tiap dispenser hanya bisa dioperasik­an oleh satu orang operator

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia