Otomotif

Pilihan Bahan Bakar Semakin Banyak

- R. Panji Maulana Editor in Chief panjioto@gmail.com

Asyik, buat para pemilik kendaraan di Indonesia sekarang Anda dikasih pilihan bahan bakar ‘asing’ baru lagi nih. Betul, BP (British Petroleum) selain sebelumnya ada Petronas (sekarang tidak dipasarkan lagi, red), Shell dan Total yang dipasarkan di negara kita.

Untuk memasarkan­nya, BP mengganden­g perusahaan minyak lokal, AKR. Dan satu SPBU-NYA pun sudah berdiri dan beroperasi sejak minggu lalu di daerah BSD, Tangsel. Disediakan 4 jenis bahan bakar, yakni sekelas Pertalite (RON 90) yang dinamai BP90, lalu ada BP92 (RON 92), BP95 (RON 95) dan BP Diesel. Lengkap kan? Selamat datang BP!

Melihat sepak terjang bahan bakar ‘asing’ (dari luar negeri, red) atau SPBU swasta memang cukup menarik. Terlebih setelah bahan bakar dan SPBU Petronas hilang dari bumi pertiwi ini sejak tahun 2012 lalu. Belasan SPBU-NYA pun ditinggalk­an begitu saja.

Yang bertahan tinggal Shell dan Total hingga saat ini. Lima tahun kemudian, muncul bahan bakar swasta baru di Indonesia. Namanya Revvo dan dijual di SPBU Vivo di bilangan Cilangkap, Jakarta Timur sejak November 2017 lalu. Mengejutka­nnya, Revvo menyediaka­n bensin RON 89 sekelas Premium dengan harga yang cukup bersaing.

Menarik untuk disikapi perkembang­an bahan bakar swasta di Indonesia ini. Karena semakin terbuka keran bahan bakar ‘asing’ yang hanya bisa kita lihat di luar negeri. Tapi yang terpenting­nya lagi, pemilik mobil dan motor diberi pilihan baru untuk bahan bakar kendaraann­ya, ya kan?

Nah, sekarang tinggal bagaimana kualitas dari produknya (BP) dengan tawaran harga yang sama dengan Shell tapi lebih mahal dari Total, Vivo dan Pertamina?•

Wuling Motors kembali menambah jaringan dealernya di Jl. R.E. Martadinat­a, Ciputat, Tangsel (29/11). Dealer yang menempati lahan seluas 2.152 meter persegi ini, menjadi dealer ke 84 bagi Wuling secara total nasional. “Selaras dengan semangat Drive For A Better Life dan untuk menjangkau pelanggan, kami akan terus memperluas jaringan dealer,” tutur Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors.

Dealer Wuling Ciputat dioperasik­an oleh PT Maju Global Motors, dibekali area servis seluas 500 meter persegi dengan 5 unit stall, serta fasilitas ruang tunggu, ruang bermain anak, hingga koneksi Wifi gratis.

“Sebagai mitra diler Wuling, kami selalu berupaya untuk menghadirk­an pelayanan optimal dengan mengutamak­an kepuasan konsumen khususnya di daerah Ciputat dan sekitarnya,” ucap Wibowo Santoso, Operationa­l Manager PT Maju Global Motors.

Dengan peresmian ini, Wuling Motors sudah memiliki 8 outlet di daerah Tangerang termasuk Wuling Arista Bintaro, Wuling Arista Cikokol, Wuling Maju Karawaci, Wuling Prima Cikupa, Wuling Arista Cimone, Wuling Prima Daan Mogot, Wuling Arista Gading Serpong dan Wuling Maju Imam Bonjol.

Sementara itu, Wuling Motors juga mengumumka­n telah bekerja sama dengan PT Automobil Jaya Mandiri (AJM) sebagai mitra dealer di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, dengan memiliki 13 jaringan pelayanan.

Terdiri dari Wuling Purwokerto, Wuling Magelang, Wuling Semarang Raden Patah, Wuling Semarang Sudirman, Wuling Solo, Wuling Yogyakarta, Wuling Yogyakarta Mlati, Wuling Pekalongan, Wuling Purworejo, Wuling Tegal, Wuling Salatiga, Wuling Setiabudi dan Wuling Solo Kleco. ∫ Harryt

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia