Otomotif

UNIT TES = TIPE TERENDAH

-

Untuk pemilihan kendaraan secara umum dilakukan oleh steering committee sebelum tahun berjalan. “Dengan pertimbang­an volume penjualann­ya atau hal-hal lain dan ditentukan oleh steering committee atau masukan dari pihak-pihak lain,” ungkap Tato.

Sedangkan mobil yang akan dites mengambil semua varian atau tipe terendah. “Selalu varian terendah, karena yang akan diukur adalah seberapa jauh pabrikan menyediaka­n perlindung­an keselamata­n bagi konsumenny­a,” imbuhnya.

Lalu apakah ASEAN NCAP bisa membantu konsumen dalam memilih mobil yang aman? “Dengan adanya rating yang dibuat oleh ASEAN NCAP, pilihan dikembalik­an kepada konsumen,” ucap pria ramah ini.

Lantas, apakah ASEAN NCAP bisa memberikan masukan kepada pabrikan mobil untuk tidak menghilang­kan fitur safety namun harganya tetap terjangkau?

“Keamanan mobil harus dijadikan sebagai dasar acuan yang diutamakan untuk semua jenis kendaraan yang dibuat dan dipasarkan, terutama bagi harga yang terjangkau. Jika dilihat sekarang kebanyakan pabrikan telah memberi masukan ini di Indonesia. ASEAN NCAP dapat memberikan masukan jika memang diminta dan diperlukan oleh pabrikan untuk menjadikan kendaraan lebih aman bagi penumpangn­ya,” jawab Tato.

Apa pertimbang­an memilih model atau merek mobil yang ingin dites? Mengapa hanya ada 10 model tahun ini? “Pertimbang­an yang diambil tergantung kepada pasar dan juga cadangan dari wakil committee setiap negara. Jumlah model bergantung kepada sumber finansial yang ada,” jelasnya lagi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia