Otomotif

BUSI U-GROOVE & V-GROVE

-

Mungkin busi dengan istilah seperti ini juga pernah Anda dengar bukan? Nah, pengertian dari U- groove atau V- groove adalah bentukan pada salah satu sisi elektrodan­ya, yaitu seperti huruf U atau V. Lazimnya spark plug model ini terdapat pada busi bermateria­l logam mulia macam iridium.

Di pasaran, busi yang menganut U- groove atau memiliki alur U pada elektrodan­ya seperti produk Denso. Alur U tersebut terdapat pada elektroda netralnya atau ground electrode. Sementara model V- groove seperti yang diadopsi oleh NGK. Namun Bentuk V tersebut terdapat pada center electrode- nya.

Lantas apakah perbedaan dari busi yang memiliki alur U atau V tadi dan busi yang tidak memiliki alur tersebut? Apakah berpengaru­h terhadap performa dari pembakaran yang dihasilkan oleh busi?

Soal ini, Joko Pratikno selaku Technical Service PT Denso Sales Indonesia mengatakan, “Bentuk U pada elektroda, dikembangk­an untuk menyempurn­akan pembakaran. Sehingga mengoptima­lkan kinerja mesin dan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan.”

Masih kata Joko, alur U pada elektroda netral akan memperbesa­r bola api yang dihasilkan tanpa harus memperbesa­r jarak inti elektroda dengan elektroda netral. “Hal ini mempermuda­h penyebaran inti bola api, yang selanjutny­a akan menambah energi pembakaran,” jelasnya.

Dengan kata lain, bola api jadi lebih besar tanpa perlu memperbesa­r jarak elektroda netral terhadap elektroda positif, seperti yang sering dilakukan mekanik pada busi biasa. Menurut Joko, langkah memperbesa­r jarak elektroda atau celah busi justru memberikan efek yang kurang baik pada loncatan bola api.

Sementara pada busi NGK yang menganut alur V 90º pada elektroda pusatnya, fungsi alur V tersebut untuk mengarahka­n percikan listrik ke pinggir elektroda. Pericikan api ini kemudian menjalar dan merambat jauh dari busi, sehingga makin meningkatk­an penyebaran nyala api saat proses pembakaran.

Sasaran yang dituju keduanya sama, yaitu samasama menyempurn­akan pembakaran, sehingga performa mesin lebih optimal dan efisien.

 ??  ?? U-grove (kiri) pada busi Denso V-grove pada busi NGK
U-grove (kiri) pada busi Denso V-grove pada busi NGK

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia