Otomotif

KOMSTIR HONDA CB150R BUNYI

-

Mas Aant, ada pertanyaan seputar Honda CB150R 2017 milik saya. Awalnya ada bunyi tek-tek setiap melewati jalan yang tidak mulus. Saya putuskan untuk ganti komstir, namun setelah diganti suara tersebut tidak hilang, mungkin Mas Aant bisa bantu saya untuk mengatasi hal tersebut.

Satu lagi mengenai lifter tensioner assy yang awet untuk CB150R. Kira-kira adakah substitusi­nya? Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih. Yusuf Ismadi Perumahan Tridaya Nuansa Indah, Tambun Selatan, Bekasi 17510 Mas Yusuf, terima kasih pertanyann­ya, saya jawab satu-persatu ya.

Mengenai komstir yang bunyi tek-tek tiap melintasi jalan tidak mulus, hal pertama coba disetel ulang terlebih dahulu, jangan-jangan hanya karena kendur. Cara mengecekny­a posisikan motor pakai standar tengah, kemudian angkat roda depan dengan memberi beban pada bagian belakang, lalu ban depan digoyang maju mundur pakai tangan, jika ada terasa celah maka perlu dikencangk­an. Caranya kendurkan baut pengunci as sokbreker yang di segitiga atas, lanjut mur as komstir, baru deh kencangkan pengunci komstir. Batasnya sampai ketika setang dilepas masih bisa dengan mudah belok ke kiri atau kanan sampai mentok.

Bila langkah itu tak membantu, alternatif­nya ganti komstir pakai yang model bambu. Jenis ini lebih kuat terhadap beban. Sekarang sudah banyak yang jual khusus Honda CB150R/CBR150R, contohnya dari HBM. Mudah didapat di online shop kok. Pemasangan juga plug and play.

Mengenai lifter tensioner assy jika ingin lebih awet dan kuat, bisa ganti yang model nonjoknya searah seperti milik Suzuki Shogun. Sudah ada versi ini produk aftermarke­t untuk CB150R/CBR150R, salah satunya juga produk HBM.

 ?? dok.otomotif ??
dok.otomotif
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia