Otomotif

SI CHO RAM PPER AH

INTE SEBA GAI SEOR RPRE ANG TASI RING GO

-

Chopper Kuning berbasis Cleveland Heist ini merupakan pengalaman pertama aktor dan pembawa acara Ringgo Agus Rahman meng- custom motornya. Untuk proses transforma­si, ia menyerahka­n kepada workshop Gearhead Monkey Garage yang terletak di Jl. Kapten Tendean No. 15, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Konsep ubahan yang diterapkan simpel, “Pengin terlihat motor

custom yang ramah, sangatsang­at friendly,” buka Ringgo. Ia menambahka­n, Cleveland adalah motor yang dari dasarnya simpel dan gampang untuk di- custom.

“Enggak pengen terlihat anak motor banget, gue tipikal seperti pemotor lainnya, motor dipakai sebagai sebagai alat transporta­si di saat beraktivit­as,” seru bapak satu anak ini.

Hal tersebutla­h yang berusaha di interpreta­si kan oleh Gearhead Monkey Garage dalam menggarap Cleveland Heist ini. “Ringgo kan family man banget, jadi gimana caranya bikin motor yang family friendly tapi tetap keren,” ujar Rico Ernesto dari Gearhead Monkey Garage.

Karena Cleveland Heist sudah memiliki basis chopper, ubahannya tak terlampau sulit, kebanyakan hanya plug and play. Sehingga bagian rangka tidak diotak-atik.

Rico beserta tim hanya fokus ‘memoles’ motor ini agar lebih keluar aura chopper- nya. Untuk itu tangki dibuat ulang, sepatbor standar hanya dipotong agar lebih ringkas. Boks elektrik juga custom berbentuk tabung seperti sarang tawon.

Kemudian suspensi depan pakai punya Kawasaki KLX yang lebih panjang serta segi tiganya menggunaka­n Harley-davidson Sportster.

Uniknya pada rem depan mendapat fitur tak umum. “Waktu itu kita mau bikin hubless, jadi enggak pakai rem. Cuma kita mikir safety, Ringgo juga request- nya semua fitur harus ada, akhirnya kita pakai custom dari Alvin di Semarang, mini drum jadi kelihatan minimalis,” ujar Rico. Sehingga kalau diperhatik­an, sekilas pelek depan bersih seperti tanpa rem, tapi tetap aman ketika dipakai riding.

Kesulitan terakhir yang ditemui selama membangun ternyata ada pada menyesuaik­an karakter Ringgo. “Gimana caranya bikin motor yang lucu tapi keren, akhirnya diterjemah­kan dengan pemilihan warna kuning,” ujarnya.

Maka jadilah sebuah chopper yang manis dan ramah, sebuah interpreta­si Gearhead Monkey Garage terhadap karakter Ringgo. •

 ??  ?? Rem depan mini drum terlihat minimalis Tombol dan sakelar digantikan fungsinya denganpart yang lebih minimalis Knalpot custom dengan leher pendek foto: rizky Sepatbor belakang dipotong agar lebih ringkas Boks elektrik custom bentuknya mirip sarang tawon Dudukan pelat nomor belakang sekaligus tempat ini bertengger stoplamp
Rem depan mini drum terlihat minimalis Tombol dan sakelar digantikan fungsinya denganpart yang lebih minimalis Knalpot custom dengan leher pendek foto: rizky Sepatbor belakang dipotong agar lebih ringkas Boks elektrik custom bentuknya mirip sarang tawon Dudukan pelat nomor belakang sekaligus tempat ini bertengger stoplamp

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia