Otomotif

RP 100 JUTA DEMI JUARA

PERKUAT SISI SPORTY AEROX

-

Pengorbana­n tidak pernah mengkhiana­ti hasil. Petuah itu cocok untuk Ahmad, yang rela menghabisk­an dana hampir Rp 100 juta dan waktu lebih dari sebulan, khusus untuk mempersiap­kan Yamaha Aerox 155 miliknya untuk ikut Yamaha Customaxi 2018.

Hasilnya gelar juara kelas Master berhasil direngkuh oleh pria yang tinggal di Sangatta, Kaltim ini saat ikut Yamaha Customaxi 2018 seri Balikpapan yang berlangsun­g di Pasar Segar (1/12).

Ubahan yang dilakukan Ahmad dibantu Bengkel Suka-suka (BSS) yang dikomandoi oleh Suhang Uray Wong yang beralamat di Jl. Untung Suropati, Karang Asam Ulu, Kunjang River, Samarinda.

Konsep yang diterapkan ke arah sporty, sesuai roh asli Aerox 155. “Aerox itu kan sporty, jadi diperkuat saja,” ujar anggota ARCI (Aerox Rider Club Indonesia) Kutai Timur ini.

Ubahan paling banyak dilakukan pada area kaki-kaki. Tampak dari depan sudah menggunaka­n sokbreker upside down dan dikawal rem cakram ganda, bahkan kalipernya tiap sisi 4 piston, sporty banget kan! Apalagi pelek diganti yang lebih lebar termasuk bannya.

Hanya saja kalau boleh saran aksesori seperti telinga yang menempel di sepatborny­a dilepas saja, berlebihan dan malah mengurangi unsur sporty.

Geser ke kaki belakang, juga tak kalah sporty. Suspensi ganda dilengserk­an dengan monosok yang posisinya sembunyi di sisi kanan. “Pakai Ohlins yang aslinya untuk R15,” ujar Ahmad. Pemasangan­nya perlu menambahka­n braket custom termasuk dudukan atasnya.

Bukan cuma itu, pelek dan ban tentu juga ganti lebih lebar. Termasuk juga remnya jadi cakram. Karena buat belakang, tentu cukup pakai piringan tunggal dan kaliper 2 piston saja.

Geser ke area bodi, kesan sporty juga diperkuat. Di depan tampak terpasang winglet ala Motogp di bawah lampu dengan lapisan karbon, sedang bodi belakang dibikin lancip dengan melepas sepatbor dan memapas sedikit sasis.

Makin sporty dengan adanya body tambahan di sisi kiri dan kanan sehingga berlubang ala R1 atau R15. Paduannya jok custom ala single seater.

Penguat kesan sporty ada juga di pernak-pernik yang dipasang, seperti ada fuel pressure regulator yang terpasang di dekat radiator. Ada juga tabung reservoir di dekatnya. Knalpot freeflow juga terpasang, juga setang model jepit.

Untuk warna juga dibikin sporty dengan airbrush kombinasi cerah antara putih biru merah, yang klop dengan warna kaki-kaki dan pernakpern­ik yang menempel.

Dengan konsep yang kuat dan eksekusi sempurna dan detail rapi, maka jangan heran Aerox 155 ini berhasil memukau juri sehingga disematkan gelar sebagai yang terbaik di kelasnya. Selamat! •

 ??  ?? Body belakang dikasih tambahan jadi bolong seperti R1
Body belakang dikasih tambahan jadi bolong seperti R1
 ??  ?? Cover CVT dilapis karbon,sporty juga kan? Ban lebar, upside down dan cakram ganda!
Cover CVT dilapis karbon,sporty juga kan? Ban lebar, upside down dan cakram ganda!
 ??  ?? Knalpot freeflow bersanding dengan rem cakram, fuel pressure regulator dan tabung reservoir aftermarke­t
Knalpot freeflow bersanding dengan rem cakram, fuel pressure regulator dan tabung reservoir aftermarke­t
 ??  ?? Lampu jadi proyektor, ada winglet dan lapis karbon
Lampu jadi proyektor, ada winglet dan lapis karbon
 ??  ?? Jok dimodifika­si mirip single seater
Jok dimodifika­si mirip single seater
 ??  ?? Setang diganti model jepit
Setang diganti model jepit

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia