Otomotif

LANGKAH AWAL BALAP MOTOR MAS DEPAN

-

Dorna selaku promotor Motogp sudah mengenalka­n Motoe sepanjang musim 2018. Tepatnya, motor Energica Ego Corsa kerap melakukan lap perkenalan di setiap ronde Motogp dengan pembalap grand prix di setiap negara penyelengg­ara.

Namun wujud asli motor listrik asal Italia yang dipamerkan dan dites di sirkuit Jerez, Spanyol (2325/11) itu masih menggunaka­n livery buta. Tapi sosoknya sudah terlihat siap untuk berkompeti­si yang sangat cocok untuk kompetisi.

TOP SPEED 270 KM/JAM

Catatan waktu terbaik 1:50,265 dicatatkan oleh Bradley Smith yang membela tim One Energy Racing. Dengan kecepatan maksimal hanya 270 km/jam, jelas saja catatan waktunya lebih lambat 20 detik dari Motogp di Jerez, bahkan lebih lambat 4 detik dari Moto3.

“Saya tidak menyangka kalau motor listrik bisa menyenangk­an seperti ini saat dikendarai. Memang tidak sekencang motor Motogp, tetapi butuh penyesuaia­n dengan gaya balap yang mirip. Apalagi saat di tikungan, butuh adaptasi lebih,” kata Smith yang juga test rider untuk Aprilia di Motogp.

“Di Motoe, engine brake masih bisa sedikit kami lakukan hanya saja tidak bisa sedekat di Motogp. Saat keluar tikungan, torsi yang sangat melimpah harus kami tahan agar tidak wheelie. Lalu soal ban, daya cengkeramn­ya sangat bagus. Michelin bekerja dengan baik agar ban slick bekerja dengan optimal di motor listrik ini,” sambungnya.

FORMAT BALAPAN

Durability ban dibuat lebih rendah dan kompon yang lunak agar daya cengkeram yang optimal. Sebab balapan Motoe dengan baterai berdaya 20 kwh hanya bertahan sekitar 25 menit atau sekitar 10 lap. Makanya di tahun pembukanya, hanya ada 5 ronde yang menggelar Motoe, semuanya berlokasi di Eropa. Panjang sirkuitnya pun tidak lebih dari 4,5 km.

Bukan hanya one make race (OMR) Energica Ego Corsa, tetapi juga OMR suku cadangnya. Seperti rem menggunaka­n Brembo, suspensi dari Ohlins, pelek Marchesini dan ban Michelin. Namun untuk suspensi, pembalap diperboleh­kan mengganti dengan tingkat kekerasan yang dibutuhkan.

Lalu, setiap paddock akan disediakan alat untuk mengisi ulang baterai. Pembalap harus paham kapan ia harus kembali ke paddock untuk mengisi ulang daya, karena Dorna belum menyediaka­n motor cadangan untuk latihan dan juga kualifikas­i.

Nah, untuk latihan akan digelar hari Jumat, kualfikasi hari Sabtu dan Minggu untuk balapan. Mirip dengan jadwal Motogp. Hanya saja Motoe akan digelar sebelum Moto3. “Saya senang bisa kembali ke keluarga Motogp dan terlibat dalam riset balap masa depan ini,” ucap Sete Gibernau.

“Catatan waktu saya cukup tertinggal, mungkin karena badan sudah mulai kaku. Hahaha. Tapi saya tidak terlalu jauh ketinggala­n, hanya butuh membiasaka­n diri saja dengan balapan yang lebih sepi. Karena yang bisa saya dengar saat tes hanyalah suara ban dan suara gesekan dari knee pad saja,” tambah Sete yang akan membela Pons Racing nantinya.

 ??  ??
 ?? Motogp ?? Bradley Smith tercepat saat tes Motoe di Jerez lalu dan bandingkan dengan motor Motogp
Motogp Bradley Smith tercepat saat tes Motoe di Jerez lalu dan bandingkan dengan motor Motogp
 ??  ?? Sete Gibernau senang bisa kembali sebagai pembalap dalam ‘keluarga’ Motogp.Pons Racing
Sete Gibernau senang bisa kembali sebagai pembalap dalam ‘keluarga’ Motogp.Pons Racing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia