Otomotif

BALAP RASA HARIAN

Tampilan kinclong, bukan milik mobil kontes saja

-

Kalau mobil harian dibikin lebih nyaman, memang sudah sewajarnya. Sebab, dipakai sehari-hari dan kita lebih banyak di dalam mobil. Pastinya butuh kenyamanan. Selain itu, hal lumrah kalau mobil harian dibikin klimis, bersih luar dan dalam.sih dan nyaman.

Tapi, apa jadinya kalau ternyata suasana dan kenyamanan tersebut hadir di mobil balap. Jangan dulu berucap ‘tidak mungkin’, karena nyatanya sudah semakin banyak mobil-mobil balap yang dibikin rapi. OTOMOTIF memanggiln­ya, mobil kontes yang ikut balap.

Hal tersebut memang nyaris tak mungkin, tapi kenyataann­ya memang ada. Lebih gila lagi, kalau kenyamanan dan kebersihan tersebut justru terwujud di mobil-mobil garuk tanah, yang biasa lomba di arena tanah speed off-road.

Padahal kalau melihat ban yang dipakai, kembangann­ya saja sudah kasar, membuat mobil mudah kotor, terutama bagian kolongnya. Namun jangan berasumsi tidak mungkin, karena H. Hedi Achmad Sugandi sudah membuktika­nnya.

KEMBAR BEDA BAJU

Tak tanggung-tanggung, H. Gandi, panggilan akrabnya, menyiapkan dua unit sekaligus Jeep Cherokee yang kinclong, untuk ‘main’ kotor-kotoran. Bisa dibilang kedua mobil ini kembar, hanya beda ‘baju’ saja. Terlihat dari ubahan yang dilakukan, rata-rata sama. Bahkan pada tingkat kebersihan dan kerapian, keduanya sama juga. Mungkin kalau ikut kontes mobil super rapi, keduanya bisa meraih juara. Tentu ada alasannya mengapa kedua mobil ini dibikin kembar, rapi, nyaman dan kinclong. “Kita usahakan ‘memindahka­n’ suasana mobil harian ke mobil balap. Mobil yang dibikin rapi, untuk driver jadi tidak ada beban. Karena pikiran sudah dibuat senang duluan dan ini akan sangat membantu lho,” ucap pengusaha sarung asal Majalaya, Jabar ini. Sedangkan kalau kembar, karena yang ngebangun juga sama. Sementara itu, untuk kenyamanan, Gandi ingin mewujudkan­nya seperti mobil harian, yang tidak mudah mogok. Dengan demikian, balap akan berjalan dengan baik. Menariknya, hal serupa juga diterapkan pada mobil customerny­a, Tony. “Sebenarnya sih konsumen tidak minta. Tapi karena kami sudah terbiasa, akhirnya kami bikin rapi, nyaman dan juga wangi. Pokoknya seperti mobil harian dia,” ungkap Gandi. Untuk membuat hal tersebut, Gandi memperhati­kan betul kebiasaan Tony. Ternyata, konsumenny­a itu memang suka rapi, wangi dan nyaman. Sejalan dengan kebiasaan Gandi juga. Makanya detail-detail pada mobil, dibuat dengan rapi oleh bengkel Hasstex Motorsport di Majalaya, Jabar ini. Seperti dasbor yang dibiarkan aslinya, namun dilapis dengan bahan suede, sehingga tampak lebih rapi dan tidak kusam. Pada beberapa titik seputar kabin juga dibikin rapi dengan berlapis bahan karbon. Tak cukup di bidang yang mudah terlihat, ruang kaki di bagian driver dan navigator juga terjaga kebersihan­nya. Bahkan lantai mobil juga dibikin rapi dan bersih sampai ke bagian belakang, yang notabene berisi pilar-pilar besi rollbar. Pantauan OTOMOTIF, nyaris tidak terlihat kalau mobil ini pernah melahap trek tanah. Setiap sudut dijaga kebersihan­nya. Selain kabin, eksterior juga dibikin kinclong. Layaknya mobil kontes, dua mobil speed offroad ini juga dijaga kilau cat dan stikernya. Bukan hanya bagian ‘atas’ saja tapi kolong mobil juga terlihat bersih. “Saya memang senang dengan bersih. Nah ini, menular ke ‘anak-anak’ di bengkel. Jadi, selesai balap semua pasti dibikin bersih, interior dan juga eksterior,” sebut Gandi. Beginilah seharusnya mobil balap. •

 ??  ?? Bersih, rapi dan tentunya wangi, jadi ciri khas mobil kembar ini
Bersih, rapi dan tentunya wangi, jadi ciri khas mobil kembar ini
 ??  ?? : f. yosi foto
: f. yosi foto
 ??  ??
 ??  ?? Tuh buktinya kalau kolong kedua mobil ini bersih. Mobil harian saja kalah bersih
Tuh buktinya kalau kolong kedua mobil ini bersih. Mobil harian saja kalah bersih
 ??  ?? toncil Konsol boks untuk ragam kontrol juga n dipikirka tata letak dan nya kerapian
toncil Konsol boks untuk ragam kontrol juga n dipikirka tata letak dan nya kerapian
 ??  ?? Ruang mesin Jeep Cherokee milik Tony, dijaga kebersihan­nya
Ruang mesin Jeep Cherokee milik Tony, dijaga kebersihan­nya
 ??  ?? Kabin mobil milik Gandi, rapi dengan balutan bahan suede di dasbornya
Kabin mobil milik Gandi, rapi dengan balutan bahan suede di dasbornya
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia