Otomotif

Problem & Solusi

-

Mengenai problem yang sering dijumpai pada Piaggio Zip biasanya pada sektor mesin yang sering brebet. “Masalah tersebut biasanya karena area karbu yang kotor karena sering mengisi bahan bakar yang kurang bagus,” buka Mulyana, mekanik Mulya Matic.

Mengatasin­ya bersihkan karbu terlebih dahulu seperti servis motor pada umumnya, kemudian disarankan mengganti penggunaan bahan bakar yang lebih bagus dari sebelumnya.

Problem yang juga sering dijumpai ialah kondisi motor yang susah menyala atau sistem pengapian yang hilang karena CDI drop. Seperti yang beberapa kali pernah ditangani Purwono, “Jadi kalau sokbreker belakangny­a sudah mati biasanya CDI juga mati. Ini karena posisi CDI dekat dengan mesin jadi kejedot-jedot. Nah biasanya biar aman pindahin CDI ke samping.”

“Periksa juga kondisi kabel yang ke CDI, gunakan yang berkualita­s, tujuannya agar arus mengalir lebih sempurna,” imbuh Mulyana yang bermakas di Jl. H. Sarin No.78, Lenteng Agung Timur, Jakarta Selatan.

Masalah berikutnya, saat distandar tengah atau jalan posisi mesinnya miring karena engine mounting sudah kena/rusak, solusinya ganti engine mounting pakai yang baru. “Sampai miring karena ketersedia­an engine mounting susah,” kata Mulyadi dari bengkel VBK, Kemanggisa­n, Jakbar.

Ada pula tangki bensin rembes di sekitar pelampung karena bagian yang ada drat lebih tipis, jadi mudah pecah karena dari plastik, “Solusinya ditambal pakai lem besi,” lanjut Mul, sapaan Mulyadi.

“Terakhir, rem depan kurang pakem, karena material kampas rem bawaan yang kurang bagus, solusinya pakai aftermarke­t seperi Elig, Malossi atau Polini,” pungkas Mul.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia