Otomotif

KINCLONG DENGAN RAMUAN MURAH MERIAH

-

Pernah memperhati­kan emblem mobil Anda ketika sedang mencuci mobil atau lagi parkir? Coba lihat lebih dekat, pasti ada kerak yang menumpuk disekitar emblem itu. Ya, kerak itu bisa terjadi akibat endapan air sehabis dicuci, yang bercampur dengan debu. Hingga akhirnya mengering jadi kerak.

Bila didiamkan, lama kelamaan kerak itu akan menghitam, sehingga mengganggu penampilan mobil kesayangan. Kalau sudah begini, usah buru-buru pergi ke salon mobil. Bisa kok dibersihka­n sendiri di rumah. “Obatnya gampang, murah dan cepat pengerjaan­nya,” beber Makki, juragan bengkel bodi MVM Auto Repair di Jl. Arteri Pondok Indah, Jaksel.

Siapkan saja obat jamur HF yang bisa dibeli di toko kimia seharga Rp 20 ribu/botol, lalu sabun cair cuci piring, sikat gigi yang soft, lap microfiber bersih dan lap chamois. “Obat jamur tadi dicampur dengan sabun cair dan air, kurang lebih HF 1,5 sendok teh, sabun cair 1 sendok teh dan air sekitar 1/3 cangkir teh. Aduk sampai rata,” tukas Makki. Setelah itu, celupkan sikat gigi soft ke dalam ramuan cairan tadi, lalu sikat perlahan-lahan area sekitar emblem mobil Anda. “Tapi tangsung diseka dengan kain microfiber, jangan sampai cairannya mengering ya,” wanti pria ramah ini. Ulangi terus sampai beberapa kali hingga kerak tadi hilang total, “Gak lama kok, paling 5 menit juga sudah hilang,” tambahnya. O iya, kalau dekat area emblem ada panel chrome, tutup terlebih dahulu menggunaka­n isolasi kertas. “Karena chrome- nya bisa rusak kalau kena obat tersebut,” bilang ayah 2 anak ini. Jika masih ada sisa, Anda bisa menggunaka­n obat tadi untuk membersihk­an kerak di area lain. Seperti di seputar semprotan washer kaca depan, di bawah list pelipit kaca atau list bodi dan sebagainya. “Caranya juga sama seperti yang untuk kerak di emblem tadi,” tutup Makki. Kinclong lagi kan mobil Anda! • Kyn

 ?? fot O; Kyn ??
fot O; Kyn
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia