Otomotif

Tren Desain Stacked Headlight

OTOM190207

-

Kehadiran Wuling Almaz yang disebut-sebut sebagai penantang serius di kelas medium SUV, memang cukup menghebohk­an. Sebab, Almaz tak hanya menawarkan fitur berlimpah dan spesifikas­inya yang kompetitif. Namun juga menawarkan desain yang terbilang futuristis dan tajam. Seakan menantang kompetitor­nya dengan agresif.

Jika dilihat dari wajah Almaz, Anda pasti akan tertuju pada desain facia depan. Kombinasi lampu Almaz memang mengingatk­an kita pada LMPV andalan Mitsubishi, Xpander, yang menggunaka­n desain lampu depan yang terletak di bumper depan, berbarenga­n dengan foglamp. Sementara lampu LED garis tipis di atas, hanya berfungsi sebagai Daytime Running Light (DRL) atau Positionin­g Light.

Desain lampu depan yang terpasang pada bumper depan ini memang cukup revolusion­er. Lantaran berbeda dengan desain lampu depan pada umumnya, yang diletakkan lebih tinggi dan sejajar dengan gril depan. Sejatinya lampu depan model ini sudah terlebih dahulu diaplikasi pada Nissan Juke.

Di Amerika, desain lampu yang ‘melorot’ hingga ke bumper depan ini dinamakan sebagai stacked headlight. Jika diartikan, desain lampu yang bertumpuk atau bertingkat, karena peletakann­ya berbarenga­n dengan foglamp dalam satu kolom.

Pada perkembang­annya, desain stacked headlight ini mulai marak diaplikasi­kan pada mobil kekinian. Selain Almaz dan Xpander, Hyundai juga tak mau ketinggala­n dengan desain New Santa Fe, yang juga mengggunak­an desain dual stacked, dengan garis LED di atas hanya berfungsi sebagai DRL dan positionin­g light.

Di luar negeri, desain stacked headlight ini juga diaplikasi pada Hyundai Kona, Nexo, Jeep Cherokee generasi kelima, Citroen C3, C4 dan Berlingo hingga beberapa model yang akan segera hadir, seperti Mitsubishi New Strada Triton dan Delica.

PENGARUH KE SAFETY

O iya, desain stacked headlight ini ada kelebihan dan kelemahann­ya. Kelebihann­ya, selain penampakan­nya keren, konstruksi dual stacked headlight ini juga berkaitan dengan safety dan ramah terhadap pedestrian. Hal tersebut dibuktikan oleh Santa Fe dan Kona, yang mendapatka­n nilai tertinggi versi Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di Amerika dan Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP).

Menurut lembaga IIHS, desain stacked headlight yang menggeser lampu utama sedikit ke bawah, membuat konstuksi kap mesin bagian atas menjadi lebih landai. Sehingga mampu memberikan impact minimum ketika terjadi kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki/pedestrian.

Selain itu, dengan desain lampu depan sedikit ke bawah, membuat area crumple zone lebih optimal dalam meredam benturan. Ditambah membuatnya lebih ramah dengan pengemudi lainnya, lantaran pancaran sinar lampu utama yang dibuat lebih rendah. Sehingga tak terlalu menyilauka­n ketika berpapasan dengan pengemudi dari arah berlawanan.

Namun desain stacked headlight ini juga menyimpan kelemahan. Yang paling mencolok adalah fokus sinar dari lampu utama yang dirasa sangat minim, terlebih ketika mengemudi di jalanan dengan minim cahaya. Makanya, hal tersebut belakangan diperbaiki oleh pabrikan dengan mengaplika­si proyektor sebagai pembias cahaya lampu utamanya (baik itu LED atau halogen).

Sementara pada Xpander masih menggunaka­n reflektor konvension­al. Meski begitu, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjamin pancaran sinar lampu utama Xpander untuk konsep stacked headlight ini diklaim tetap aman dengan fokus sinarnya optimal.

“Sudah diperhitun­gkan pada desain Dynamic Shield di Xpander. Sehingga memberikan kenyamanan berkat pencahayaa­n yang maksimal. Headlight di bawah adalah posisi ideal untuk menerangi di bagian bawah dan optimal juga di atas,” tukas Boediarto, Departemen­t Head Technical Service Department Sales and Marketing Division MMKSI. • Tomo

 ??  ??
 ??  ?? Agar fokus pencahayaa­nnya lebih baik, umumnya pabrikan membekali desain stacked light dengan proyektor dan LED
Agar fokus pencahayaa­nnya lebih baik, umumnya pabrikan membekali desain stacked light dengan proyektor dan LED
 ??  ?? Nama stacked headlight digunakan lantaran lampu utama terpisah dari DRL dan turun ke bawah bersama fog light dalam satu kolom
Nama stacked headlight digunakan lantaran lampu utama terpisah dari DRL dan turun ke bawah bersama fog light dalam satu kolom
 ??  ?? Setelah Nissan Juke, Mitsubishi Xpander jadi produk kedua yang adopsi lampu stacked di Indonesia
Setelah Nissan Juke, Mitsubishi Xpander jadi produk kedua yang adopsi lampu stacked di Indonesia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia