Otomotif

SIAPA TERBAIK? SILAKAN DIPILIH

-

Tidak lebih dari 20 tahun sejak dikeluarka­nnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001, tentang Minyak dan Gas Bumi, pasar ritel BBM (bahan bakar minyak) di Indonesia cukup berkembang pesat. SPBU swasta dari perusahaan nasional maupun internasio­nal berbondong­bondong masuk ke Tanah Air.

Sebut saja Pertamina, Shell, Total, Petronas (sudah tutup), Vivo dan terakhir yang hadir BP (British Petroleum). Melihat persaingan­nya boleh dibilang cukup menarik. Baik dari segi harga dan kualitas BBM hingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh masing-masing brand melalui SPBU-NYA.

Artinya, sekarang Anda dikasih lima pilihan brand BBM loh. Mana yang terbaik? Inilah yang membuat kami tergelitik untuk mengulasny­a. Tentunya kami wajib mengujinya supaya mendapatka­n data yang tepat, bukan sekadar feeling. Nah, pengujian kali ini memilih BBM dengan spek RON 92. Kenapa 92 ya? Kami menganggap RON 92 adalah angka oktan yang dibutuhkan oleh kendaraan (mobil dan motor) bermesin bensin saat ini. Dan lima brand itu juga telah memasarkan bensin RON 92 (Pertamina Pertamax, Shell Super 92, Total Performanc­e 92, Vivo Revvo 92 dan BP92) di negeri kita tercinta ini. Pengetesan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar performa (tenaga dan torsi) serta tingkat efisiensi (konsumsi BBM) dari lima produk tersebut. Baik diuji di mobil maupun motor.

Siapa yang terbaik dari parameter tersebut? Silakan baca edisi eksklusif ‘Komparasi Bahan Bakar RON 92’ yang spesial kami sajikan buat pembaca setia OTOMOTIF.

Tapi ingat, hasil dari pengujian performa atau konsumsi BBM tertinggi bukan berarti the best loh ya. Karena ada faktor-faktor lain yang patut Anda perhatikan. Contoh harga, pelayanan ( service) dan seberapa banyak jaringan SPBU yang ada di Indonesia.

Silakan memilih. •

 ??  ?? R. Panji Maulana Editor in Chief panjioto@gmail.com
R. Panji Maulana Editor in Chief panjioto@gmail.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia