Otomotif

PERTAMINA

-

Hingga kini berapa jumlah SPBU seluruh Indonesia? “Jumlah total SPBU Pertamina di Indonesia saat ini adalah lebih dari 6.700 SPBU, terdiri dari SPBU regular dan non regular seperti SPBU Mini, SPBU Modular, SPBU Kompak dan SPBU Nelayan,” jawab Arya Dwi Paramita, Manager Media Communicat­ion PT Pertamina (Persero).

Apa saja fasilitas standar pelayanan yang mutlak tersedia di SPBU? “Layanan dan fasilitas yang ada di SPBU berbeda-beda tergantung dengan jenis SPBU tersebut. Namun layanan tambahan yang harus ada di SPBU adalah toilet, musholla, dan pengisian angin,” beber Arya.

Metode apa yang diterapkan guna menyetanda­rkan takaran/tera agar semua SPBU punya takaran yang sama? Berapa lama waktu interval tera ulang? “Untuk menjaga kualitas dan kuantitas BBM di SPBU Pertamina, secara rutin diadakan audit dari pihak internal dan eksternal. Dari pihak eksternal pengecekan dilakukan oleh Dinas Meterologi setiap 6 bulan sekali,” terangnya.

Masih menurut Arya, audit internal dilakukan oleh pihak ketiga yang independen dengan interval yang bervariasi untuk setiap SPBU, namun maksimal setiap 2 bulan sekali. “Audit untuk pengukuran atau uji tera dilakukan dengan menggunaka­n bejana ukur yang sudah sesuai dengan standar Dinas Meterologi,” imbuh Arya.

Survei fasilitas berdasarka­n tinjauan langsung di

rizky

SPBU Pertamina COCO 31.15401 Bintaro Sektor 9, Tangsel. Terdapat total 6 unit dispenser (18 nozzle) dengan 1 unit dispenser khusus bahan bakar gas Vigas. Dari total dispenser tersebut, 2 unit dispenser untuk motor dan 4 unit dispenser buat mobil. SPBU ini sudah menerapkan layanan self service.

Fasilitas pendukung berupa toilet yang bersih dan wangi tidak bau pesing. Serta dilengkapi dengan pendinging ruangan, fasilitas di dalamnya juga komplet, ada dua buah urinoir, closet duduk dan jongkok, 2 buah wastafel, sabun cair dan pengering tangan. Apakah gratis? Nyatanya terdapat kotak kecil untuk memasukkan uang kebersihan yang sifatnya sukarela. Tak lupa ada musholla yang cukup luas dilengkapi AC.

Lanjut ke depan, terdapat minimarket Bright yang tak hanya menjual aneka makanan dan minuman ringan, tapi juga tersedia pelumas Pertamina. Dilengkapi juga dengan 4 mesin ATM di dalamnya. Disamping minimarket, ada area komersil yang disewakan untuk bisnis jasa dan kuliner.

Di dekat pintu keluar SPBU, terdapat mesin pompa udara untuk ban, sayang kondisinya rusak. Namun disebelahn­ya terdapat booth kecil yang melayani pengisian angin Nitrogen, sayangnya berbayar. Di sini juga melayani tambal ban tubeless serta semir ban dan pelek.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia