Otomotif

LIMO RODA DELAPAN

Kembali nyeleneh setelah Vios ‘Bermuka Dua’

- Rendy

Beberapa waktu silam dunia modifikasi sempat dihebohkan dengan kemunculan Toyota Vios ‘bermuka dua’. Nah, yang satu ini enggak kalah ‘ gokil’. Sama-sama menggunaka­n model mobil yang sama, yaitu Toyota Limo untuk taksi, namun dimodifika­si jadi pakai delapan buah roda, dengan konstruksi unik.

Usut punya usut, ternyata kedua mobil dengan modifikasi ekstrem dan nyeleneh tersebut dimiliki oleh satu orang yang sama bernama Roni Gunawan. Ia pemilik perusahaan taksi Gemah Ripah di Bandung, Jawa Barat. Ealahh..!

SEMUA RODA BERPUTAR

Modifikasi mobil enam roda memang pernah dilakukan. Namun yang dilakukan pada Limo ini benarbenar lebih edan. Tak tanggungta­nggung, total ada 8 buah ban di mobil ini, dan semua rodanya berputar saat mobil dijalankan.

Dua roda di depan, enam lagi (tiga pasang) di bagian belakang. Tapi 2 dari 6 roda belakangny­a, posisinya disusun vertikal, menempel di samping bodi, alias tidak bersentuha­n dengan aspal langsung. Posisinya sendiri berada tepat di bagian tengah pintu belakang. “Dibuatkan rumah hub wheel lagi biar bisa muter,” kata Roni.

Ya, ketika mobil bergerak, dua roda yang menempel di bodi atas tersebut ikut berputar. Namun putarannya berlawanan arah dengan gerak roda yang menyentuh aspal.

Ini karena posisi tapak ban bagian bawahnya bersinggun­gan dengan tapak ban bagian tengah bawah. “Roda yang atas ditambahi per kecil agar nempel terus dengan tapak roda ban yang bawah,” Roni lagi.

Pengerjaan modifikasi­nya termasuk rumit loh, lantaran ada penambahan sasis custom berbentuk kotak, dengan tambahan besi yang melintang diagonal untuk menopang bobot roda bagian atas.

“Ini agar roda yang atas tidak goyah dan dudukannya kuat,” jelas Roni, yang mengaku sudah habiskan dana Rp 80 juta untuk pengerjaan modifikasi ini.

Selain penambahan penguatan sasis di berapa bagian, ia juga menanamkan 6 buah stabilizer copotan dari BMW, untuk menjaga konstruksi belakang tetap stabil.

“Tiap satu ban yang di bagian atas, pakai 2 stabilizer. Sedangkan ban tambahan yang menyentuh jalan cukup, satu stabilizer saja,” jelas pria ramah ini.

Sementara sasis untuk roda tambahan bawah juga sedikit ditambah memanjang agak ke tengah, ini berfungsi untuk memperkuat konstruksi dan menjaga roda agar lebih stabil.

O iya, tentu saja untuk menggenapk­an konsep modifikasi ekstrem, mesti dilakukan serangkaia­n ‘pemanis penampilan’. Rudi kemudian menyiramka­n cat bunglon custom di sekujur bodi Limo ini. Walhasil akan tampak beberapa warna kalau dilihat dari sudut cahaya yang berbeda.

Modifikasi lampu depannya ala lazy eyes, dengan lampu sein yang dibikinkan model running lamp. Termasuk juga pemasangan konstruksi pintu gunting alias scissors door.

 ??  ?? Banyak penguatan sasis dan penambahan­stabilizer, agar kostruksin­ya lebih kuat membawa beban 6 roda di belakang Bodi tengah ke belakang dirombak, kabin belakang mesti rela dikorbanka­n, fender custom tambahan dibikin dari pelat
Banyak penguatan sasis dan penambahan­stabilizer, agar kostruksin­ya lebih kuat membawa beban 6 roda di belakang Bodi tengah ke belakang dirombak, kabin belakang mesti rela dikorbanka­n, fender custom tambahan dibikin dari pelat
 ??  ?? Roni Gunawan, “Proyek modifikasi­nya belum kelar, interior dan audio belum sempurna.”
Roni Gunawan, “Proyek modifikasi­nya belum kelar, interior dan audio belum sempurna.”
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia