Otomotif

STOPLAMP ‘MENARI’

Tren Modifikasi Lampu

-

Bicara tren modifikasi lampu di Indonesia, seakan tak ada habisnya. Selalu saja ada hal baru untuk dijadikan tren. Seperti tren lampu angel eyes, lazy eyes, HID Xenon, proyektor hingga LED.

Teknologi LED yang semakin ramai membuat para pemilik workshop lampu berkreasi. Salah satu contohnya ada pada Xpander milik Chie Haw. Xpander miliknya habiskan dana Rp 40 juta hanya untuk modifikasi lampu saja. Lampu sipit ( position lamp) di atas headlamp, ditambahka­n tiga baris LED.

Satu baris LED DRL putih yang fungsinya sebagai welcome light (menggunaka­n modul). Sedangkan dua baris LED warna-warni lainnya, punya fungsi tambahan sebagai lampu sein yang nyalanya seakan berlari mirip Dynamic Turn Signal di Lexus dan Audi.

Bicara permainan LED, modifikato­r lampu Yoong Motor asal Surabaya juga baru-baru ini memperkena­lkan proyek yang ia sebut tren lampu 2019. Ia menyebutny­a, “Tren Neomatrix LED,” kata Yomin Sugianto yang biasa dipanggil Yoong.

Yoong Motor memang jadi salah satu spesialis lampu dengan konsep yang unik. Tren Neomatrix LED yang ia klaim bakal heboh di tahun ini juga memberdaya­kan LED dengan pengaturan lewat modul.

Neomatrix LED, kata bilang Yoong lagi ialah modifikasi lampu yang fokus pada bagian stoplamp, “Tanpa mengurangi fungsi utama sebagai lampu isyarat rem ( safety). Konsep ini menampilka­n deretan LED yang bisa menari-nari dan diatur sedemikian rupa sesuai selera,” tukasnya.

Dengan sistem matrix LED yang bisa diatur ini, stoplamp bisa dimodifika­si baik warna dan jumlah Led-nya menjadi animasi yang diinginkan. Pengaturan juga bisa dilakukan dengan menggunaka­n remote.

Walaupun masih berupa konsep, namun Yoong Motor sudah pernah membawa lampu demonya di acara kontes modifikasi di akhir tahun 2018 lalu di Malaysia. “Saat stoplamp menyala, bisa diprogram menampilka­n LED dengan motif maupun animasi,” papar Yoong lagi. Begitu juga saat menyalakan lampu sein.

Sehingga, “Tak hanya menampilka­n informasi kepada mobil belakang, namun juga atraktif,” bilang Yoong yang mengklaim tengah melakukan riset lagi dalam beberapa bulan ini.

Masih menurut Yoong, pengerjaan­nya memang dilakukan secara handmade, dengan memodifika­si bagian dalam lampu. Mengenai biaya modifikasi­nya, Yoong belum bisa menghitung dengan pasti, “Tergantung tingkat kesulitan, jenis motif apa saja yang akan dibuat,” tutupnya. • Rendy

 ??  ??
 ??  ?? VW juga baru-baru ini kenalkan interactiv­e tail lamp pada Touareg terbarunya
VW juga baru-baru ini kenalkan interactiv­e tail lamp pada Touareg terbarunya
 ??  ?? Teknologi LED terkini, nyalanya bisa diatur melalui modul
Teknologi LED terkini, nyalanya bisa diatur melalui modul
 ??  ?? Matrik-nya bisa diset sesuai keinginan
Matrik-nya bisa diset sesuai keinginan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia