Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Kita awali dari kunci, seperti varian lain PCX Electric juga dibekali smart key system yang juga berfungsi sebagai anti-theft dan answer back system.

Geser ke spidometer, bentuk sama tapi isinya beda. Ada penunjuk kecepatan besar di paling atas, di bawahnya ada kapasitas aki dalam bentuk bar, tepatnya ada 10 bar, dan di kirinya ada jam.

Paling bawah ada odometer yang bisa diganti menjadi trip meter dengan menekan tombol set di sisi kiri. Di kanan bawah ada juga kapasitas aki yang ditunjukka­n dalam persen, yang jika tombol select ditekan maka angkanya akan menunjukka­n kapasitas baterai depan (FR), lalu kapasitas baterai belakang (RR). PCX Electric ini memang pakai 2 baterai.

Jika kontak baru diputar ke on, tampil juga indikator bertuliska­n “push start” diikuti logo starter yang terus berkedip. Jadi meskipun tidak pakai mesin bakar, tapi motor ini tetap butuh starter untuk faktor keamanan. Caranya menyalakan sesuai perintah, tekan tombol starter yang menyatu dengan cut off, dengan diiringi menarik tuas rem belakang layaknya skutik umumnya. Maka setelah itu muncul bunyi “beep” dan keluar tulisan “ready” yang berarti siap jalan.

Balik lagi ke info yang disajikan, lainnya ada bermacam indikator seperti high beam, warning light, tingkat kecerahan layar, pembatas daya atau tenaga dalam bentuk kurakura, pengisian, siap dikendarai, ABS, smart key, Mobile Power Pack Battery, peringatan untuk memeriksa baterai, tutup pengecasan terbuka, side stand turun, jok terbuka, dan engine cut off.

Untuk akomodasi, di bawah setang kiri tetap ada komparteme­n yang cukup dalam lengkap dengan power charger. Di tengah dek yang aslinya sebagai mulut tangki bensin, diganti jadi tempat steker dengan kabel yang cukup panjang jika ingin mengecas baterai secara on board. Cara lainnya dengan off board alias baterai dilepas dan dicas pakai charger khusus.

Sementara itu jika membuka jok, maka kapasitas bagasinya menyusut tajam karena termakan oleh dua buah baterai. Kapasitas bagasi PCX bermesin bensin 28,8 liter, PCX Hybrid 23,3 liter, dan PCX Electric hanya 6 liter. Menyusut banget ya!

Kedua baterai atau yang disebut Honda Mobile Power Pack masing-masing memiliki spesifikas­i 50,4 volt 20,8 Ah, beratnya satu buah mencapai 10 kg! Pantas saja bobot PCX Electric ini 144 kg atau lebih berat 12 kilogram dibanding PCX tipe ABS.

Kebayang enggak harga baterainya? Bandingkan dengan baterai PCX Hybrid yang jauh lebih kecil saja banderolny­a Rp 7 juta. Apalagi ini yang bobotnya 10 kg dan dikemas dengan casing khusus! Janganjang­an Rp 20 juta sendiri ya?

“Umur pakai baterai tipe Lithium-ion ini tergantung pemakaian konsumen. Berapa lama pemakaian dan bagaimana cara pakainya. Jaminan baterai bertahan selama 2 tahun jika penggunaan­nya regular,” ujar Makoto Mitsukawa, PCX Electric Developmen­t Manager, Honda R&D Center Co., Ltd.

Pengecasan on board dapat memakan waktu sekitar 6 jam dan pengecasan secara off board berkisar 4 jam. Jika ingin lebih cepat bisa menukar baterai kosong dengan yang sudah penuh di swap station, yang tersebar di beberapa wilayah di Ibu Kota.

“Terdapat 3 lokasi swap station dan 5 lokasi aftersales, semuanya berada di Jakarta,” timpal Thomas Wijaya, Marketing Director, PT AHM. Kabarnya swap station akan ada di Stasiun Gambir, AHASS Wahana Gunung Sahari dan AHASS 001 Dewi Sartika.

Sebagai penggerak, PCX Electric dibekali motor listrik di sisi kiri, tapi tidak langsung berada di pelek. Posisinya mirip puli sekunder skutik yang pakai CVT, yang penyaluran tenaga ke roda dilewatkan rasio. “Karena kalau tanpa rasio beban baterai dan dinamo lebih besar. Motor listrik bisa cepat rusak,” ujar Reza Rezdie, Technical Service Division, PT AHM.

Dengan posisi motor di bawah lantas aman jika kena air atau genangan? “Masih bisa dilewati kok, batas tinggi genangan air yang bisa dilewati 30 cm atau sejajar dengan motor listriknya. Kalau lewat dari itu nanti ada warning light nyala di spidometer­nya,” tambah Reza.

Fitur lainnya PCX Electric sudah menggunaka­n fitur ABS 1 channel atau hanya di roda depannya saja, yang dibekali kaliper 2 piston. Sedangkan rem belakangny­a justru menggunaka­n teromol.

 ??  ?? Pengecasan secara off board dengan charger khusus
Pengecasan secara off board dengan charger khusus
 ??  ?? Sebagai pengganti mulut tangki bahan bakar, terdapat colokan yang dapat dicolok ke stop kontak di rumah
Sebagai pengganti mulut tangki bahan bakar, terdapat colokan yang dapat dicolok ke stop kontak di rumah
 ??  ?? Dua buah baterai cukup memakan ruang bagasi di bawah joknya, sisa 6 liter saja nih
Dua buah baterai cukup memakan ruang bagasi di bawah joknya, sisa 6 liter saja nih

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia