Otomotif

CARA PENGETESAN

-

Pengujian konsumsi 5 bahan bakar RON 92 ini, masih menggunaka­n unit mobil yang sama saat melakukan tes performa, yaitu Astra Toyota Agya 1.2 TRD. Pengetesan­nya langsung di jalan bebas hambatan atau tol.

Parameter yang diambil dalam uji konsumsi BBM kali ini, adalah konsumsi BBM rata-rata pada kecepatan konstan 100 km/jam. Ini merupakan salah satu parameter yang biasa digunakan OTOMOTIF dalam test drive mobil baru.

Data atau angka pemakaian bahan bakar rata-rata yang kami ambil, berdasarka­n indikator fuel avarage yang ada di panel spidometer Toyota Agya. Namun untuk mendapatka­n hasil yang lebih akurat, setiap bahan bakar dilakukan dua kali pengetesan konsumsi BBM pada kecepatan konstan 100 km/jam tersebut. Cara pengujiann­ya, Toyota Agya 1.2 TRD ini dilarikan konstan terlebih dulu hingga 100 km/jam, lalu penghitung­an jarak dimulai dan data konsumsi ratarata ( fuel avarage / AVG) di MID direset ke angka 0. Maka angka AVG otomatis akan bergerak naik, dan pada jarak tempuh tertentu nilainya akan stuck di angka tertentu. Nah, angka itu lah yang kami ambil sebagai angka rata-rata konsumsi Bbm-nya. Untuk itu, penentuan rute pengetesan pun harus tepat. Baik kondisi jalan, permukaan kontur jalannya, hingga kondisi lalu lintas harus tanpa hambatan. Makanya, waktu pengujian sengaja diambil tengah malam di jalan tol, dimana lalu-lintas saat itu lagi sepi. Lokasi pengujiann­ya di jalan tol Jakarta-merak, yang kontur jalannya cenderung lurus dan datar. Oh iya, masing-masing bahan bakar kami uji menggunaka­n tabung khusus seperti yang dipakai saat menguji performa di atas mesin dyno test. Ini untuk menghindar­i tercampurn­ya bahan bakar saat dilakukan penggantia­n BBM. Karena kelar melakukan uji satu BBM, bahan bakar itu akan dikuras habis, kemudian dimasukkan bahan bakar yang lain.

 ??  ?? FOTO: F. YOSI, RANDY
FOTO: F. YOSI, RANDY
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia