Otomotif

AMBULANS KLASIK YANG GAUL

Fiat 1100T Ambulance Version 1965

-

Agak ngeri-ngeri gimana ya kalau mendengar mobil bekas ambulans. Ya seperti mobil van klasik ini, nama spesiesnya Fiat 1100T Ambulance Version 1965. Sudah klasik, bekas ambulans pula, hiii…!

Tapi Iranti Savitri, sang empunya mobil asyik-asyik saja tuh punya mobil ini. Malahan sosoknya ia dandani hingga bergaya oldskool seperti ini.

“Tadinya kepikiran dikembalik­an ke versi ambulans, tapi istri saya tidak mau, takut katanya,” kekeh Didit, suami Iranti yang punya gawean memodifika­si mobil ini.

Makanya ia mengambil referensi lain untuk gaya modifikasi. Dipilihlah konsep oldskool cargo van, “Ala Mexican Style Van,” lanjut Didit.

BODY DROP

Bodi yang mirip roti tawar ini dibikin ceper, dengan cara body drop alias coak sasis. “Body drop- nya sekitar 15 cm untuk kejar down clearance, karena aslinya terlalu tinggi,” jelas Didit lagi.

Ternyata tak hanya body drop, Didit juga potong suspensi sebanyak 7 cm, ini membuat ketinggian

konstan tanpa beban di kecepatan 140 km/jam.

Dalam kecepatan tersebut, putaran mesin tergolong rendah, yaitu hanya 2.000 rpm. Tentu ini berefek konsumsi BMW X4 di Inodnesia hadir dengan varian M Sport X, varian ini lebih tinggi dari yang dijajal di Thailand bahan bakar jadi efisien. Konstan di kecepatan rata-rata 140 km/jam sejauh 100 kilometer, X4 hanya meneguk solar 1 liter untuk 13,8 kilometer. Irit kan?

Ini berkat transmisi otomatis 8-speed yang sejak dari dahulu digunakan. Dengan perbanding­an rasio yang ideal, rasanya BMW belum berencana memperbaha­rui sistem transmisin­ya, masih sama seperti X Models terdahulun­ya.

Sedikit bocoran nih, BMW X4 untuk pasar Indonesia hadir dengan tipe xdrive 30i M Sport X. Berbekal mesin bensin 2.000 cc Twinpower Turbo Double VANOS bertenaga 250 dk dan torsi 350 Nm. Seperti apa rasanya, tunggu saja sesi test drivenya ya!

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia