Otomotif

RIDING POSITION

-

Meski menurut data spesifikas­i tinggi jok Downtown 810 mm, ternyata malah jadi yang paling user friendly untuk postur 170 cm. Karena nyatanya memang paling dekat dengan tanah, sehingga kaki pengendara lebih menapak, apalagi joknya memiliki desain tirus. Selain itu, busa joknya paling tebal dan empuk, jadi serasa duduk di sofa. Sandaran tulang ekornya juga tinggi, memberikan kenyamanan lebih.

Forza punya tinggi jok 780 mm, tapi malah terasa lebih tinggi dibanding Downtown. Ini karena bentuk joknya lebar, sehingga memaksa kaki membuka lebar ketika kaki turun. Busanya tebal, punya bentuk yang datar dengan karakter sedikit keras, sandaran punggungny­a lebih mungil dibanding Downtown.

XMAX punya tinggi jok 795 mm, namun terasa paling tinggi dan lebar. Akhirnya kedua kaki perlu jinjit nih! Busanya cukup tebal dengan kulit lentur, terasa lebih empuk dibanding Forza, namun sandaranny­a paling rendah dibanding kedua rival- nya.

Lanjut tentang posisi berkendara. Downtown menghadirk­an sensasi berkendara dengan jok super nyaman dengan setang yang terasa paling dekat dan tinggi. Kaki jadi tidak bisa selonjoran maksimal, masih terasa menekuk karena dek dekat pengendara. Setangnya juga terlalu menekuk dan dekat pengendara, sehingga untuk pengendara jangkung tentu akan terasa sempit.

Forza punya posisi berkendara dengan ruang pengendara yang paling lapang, di mana setang terasa jauh dan kaki benar-benar bisa lurus selonjoran. Sehingga untuk pengendara dengan postur di atas 170 cm tetap akan terasa nyaman. Setang yang tidak terlalu menekuk juga berpengaru­h pada lapangnya area pengendara, tapi posisi setang agak rendah, membuat pundak kurang rileks.

Kalau posisi berkendara XMAX ada di tengah-tengah antara Downtown dan Forza. Posisi kaki bisa sedikit lebih lurus dibanding Downtown, namun tidak sampai lurus selonjoran seperti Forza. Posisi setangnya sedikit lebih tinggi dari Forza dan tidak terlalu menekuk seperti Downtown. Kaki yang masih menekuk ini tentu membuat kaki pegal jika terlalu lama berkendara, namun setang tinggi dan tidak terlalu menekuk, membuat terasa lebih nyaman dibanding rival- nya.

ada ada ada ada - - ada ada ada ada ada ada ada ada ada ada - ada ada ada A&B - ada ada ada ada - ada ada ada ada ada ada - ada

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia