Otomotif

SIAP SEBAR 350 SPBU

-

BP (British Petroleum) bermitra dengan PT AKR Corporindo, telah meresmikan empat SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) BP-AKR di Indonesia. Yakni di Serpong, Bintaro, Cibubur dan Jababeka. “Kita di sini untuk jangka panjang. Dalam 10 tahun ke depan ada 350 SPBU BP-AKR,” terang Pete Molloy, Presiden Direktur PT Aneka Petroindo Raya. Pertambaha­n tersebut akan berada di kota-kota besar. Surabaya dan kota lainnya sudah menjadi incaran BP AKR ini.

Dalam acara yang dihelat di Hotel Ritz Carlton (14/2), perusahaan joint venture antara BP dengan AKR tersebut, juga pasang target untuk

satu tahun ke depan. “Tahun ini rencananya akan ada 20 SPBU. Setiap tahun akan berdiri sekitar 35 SPBU BP AKR,” lanjut Pete.

Pemain baru di bahan bakar Indonesia ini menawarkan produk dengan aditif ACTIVE technology. Yakni formula khusus untuk mencegah kotoran dan diklaim membantu melindungi mesin dari penumpukan kotoran serta mempertaha­nkan performa kendaraan. BP juga bermitra dengan sejumlah bisnis lokal terkenal seperti Alfamart, Castrol Bike Point dan lain sebagainya.

“Bagi AKR, kemitraan kami dengan BP memperkuat komitmen jangka panjang kami untuk industri dan Indonesia. Ini adalah salah satu tonggak sejarah kami dan bangga dapat bermitra dengan BP,” terang Haryanto Adikoesoem­o, Presiden Direktur AKR.

Tanggapan Hiswana Migas

“Sebenarnya aturan mengenai pemain bisnis BBM retail di Indonesia selain Pertamina itu sudah lama. Di 2001 ada Undang-undang yang melarang Pertamina untuk monopoli bisnis BBM retail di Indonesia dan baru 2005 ada salah satu pemain asing yang mengoperas­ikan SPBU di Indonesia,” jelas Rachmad Muhammadiy­ah, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas)

Masih menurutnya, terkait adanya lima atau lebih pemain bisnis BBM retail di Indonesia, Hiswana Migas melihat ini hal yang biasa saja selama Pemerintah memberikan hak dan kewajiban yang sama. Seperti penyaluran BBM ke daerah 3T ( Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Adanya pemain yang lebih dari satu tentunya akan memberikan pelayanan yang lebih baik ke konsumen dan mendorong anggota Hiswana Migas untuk bisa bekerja lebih baik,” tegas Rachmad.•

 ?? F. yosi ?? Sepak Terjang BP AKR
F. yosi Sepak Terjang BP AKR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia