Otomotif

PERFORMA

-

Sama dengan versi pendahulun­ya, mobil ini menggunaka­n komposisi mesin depan V8 berkapasit­as 3.855 cc. Dapur pacu ini dikasih doping rumah keong ganda, yang secara total mampu menghasilk­an 591 tenaga kuda. Output tenaga tersebut lebih besar 40 dk dari spesies California.

Sementara torsi maksimalny­a diklaim mencapai 760 Nm, mulai dari putaran mesin 3.000 hingga 5.250 rpm. Peningkata­n performa tersebut diklaim berkat pemakaian komponen berkualita­s dan upgrade software komputer mobil.

Mau tahu kemampuan akselerasi­nya? Untuk melesat dari 0 hingga 100 km/jam, Portofino hanya membutuhka­n waktu 3,5 detik saja, dan bisa mencapai 200 km/jam hanya dalam waktu 10,8 detik. Weww..!

Asal tahu saja, mesin V8 turbo Ferrari ini selama dua tahun berturuttu­rut (2016-2017) menyabet gelar Internatio­nal Engine of The Year.

Dijelaskan Ferrari lagi, peningkata­n kualitas mesin ditunjang lewat piston dan setang piston serta desain saluran intake yang baru.

Geometri saluran pembuangan juga didesain ulang, termasuk penggunaan one-piece exhaust header untuk respons throttle yang lebih baik lagi dan mengantisi­pasi gejala turbo lag.

Dikombinas­i dengan Variable Boost Management yang bisa menyetel torsi sesuai pilihan gigi, membuat Ferrari ini diklaim berakseler­asi lebih baik sekaligus punya konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibanding model lainnya.

Suara knalpot langsung menderu, seketika pedal gas diinjak dalam. Terasa sekali torsi gahar dari mulai putaran bawahnya.

Tak terasa ada gejala turbo lag saat kami jajal seputaran BSD. Namun paling asyik adalah saat tombol mode pengendara­an disetel di Sport Mode.

Lantas kontrol stabilitas dimatikan, dan tombol D ditekan untuk berpindah ke transmisi Manual.

Seketika suspensi menjadi lebih rigid, setir menjadi sangat sensitif. Karakterny­a begitu sporty, cocok sekali buat track day.

Walaupun disetel di mode Sport, namun suspensi pintarnya mampu meredam guncangan akibat permukaan jalan yang kasar.

Sayang, keterbatas­an lahan tidak dapat merasakan top speed mobil seharga nyaris Rp 10 miliar ini.

 ??  ?? Atap dapat dibuka tutup sambil jalan, asalkan kecepatan tak lebih dari 40 km/jam
Atap dapat dibuka tutup sambil jalan, asalkan kecepatan tak lebih dari 40 km/jam
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia