Otomotif

ALAOVE ON ANDERSS

-

Toyota Celica termasuk spesies yang paling dikenal di kancah rally. Sedan sport coupe ini menjadi mobil resmi yang digunakan Toyota untuk ajang World Rally Championsh­ip ( WRC) sejak tahun 1972 hingga 1997. Dirancang oleh Toyota Team Europe.

Di Indonesia, Celica pun termasuk spesies langka. Mulai dari generasi pertama, hingga generasi ketujuh yang diproduksi terakhir tahun 2006. Termasuk yang ada di halaman ini.

Celica 2-Door Coupe milik Isa Surya ini masuk generasi kedua dengan kode bodi RA40, yang diproduksi tahun 1978. Model ini kurang terkenal dibandingk­an generasi pertama ( TA22) lantaran populasi Celica RA40 di Indonesia jauh lebih sedikit.

Beruntung pemilik bengkel K-zero di Tanah Kusir, Jakarta Selatan

ini mendapatka­n dalam kondisi cukup baik, “Biar makin enak dilihat, saya modifikasi bergaya rally, sesuai dengan eranya,” kata Isa.

Lantaran aliran rally look yang diaplikasi, Isa memilihkan livery atau desain stiker yang sama dengan Celica 2000GT Toyota Team Europe yang pada zamannya turun di ajang WRC.

“Dulu Celica ini terkenal dikemudika­n pereli Ove Andersson asal Swedia,” kata pria berdarah Sunda ini.

Desain livery- nya juga simpel. Ciri khasnya warna bodi putih dengan bagian sampingnya diberi stiker merah dengan tulisan Toyota Team Europe di bagian belakang.

Untuk bagian kaki-kaki dipilihkan ban

Accelera Alpha yang membalut pelek Enkei Compe ukuran 15 inci, “Agar mudah disetel turun naik, saya bikinkan coil over custom,” jelas Isa lagi.

Untuk penerangan dua pasang headlamp bulat nan klasik ditambahka­n lampu penerangan Cibie Oscar di bagian bumper. “Kalau mobil rally aslinya, bumper dibuatkan dudukan dan lekukan khusus agar lampu foglamp ini rata dengan bumper,” terangnya lagi.

Agar nyaman dipakai harian, Isa memasangka­n mesin Toyota 4A-GE yang terkenal bandel dan mudah dalam perawatann­ya. Masih dengan tujuan yang sama, ubahan bergaya rally di sektor kabin juga dibikin tetap utamakan kenyamanan. Isa mengganti setir dengan model TRD dan sepasang jok Recaro untuk mengangkat kesan sporty.

Keren! • Rendy

 ?? FOTO: KYN ?? Pelek Enkei Compe Rally, kepet Toyota bikin sektor kaki-kaki makin ganteng Livery dibikin mirip dengan mobil reli tahun 70-an Toyota Team Europe Mesin 4A-GE agar tarikan lebih enak dan perawatan mudah Ducktail Foha kondisi new old stock dengan status ‘langka’ Kondisi interior, terutama dasbor masih terjaga dengan baik
FOTO: KYN Pelek Enkei Compe Rally, kepet Toyota bikin sektor kaki-kaki makin ganteng Livery dibikin mirip dengan mobil reli tahun 70-an Toyota Team Europe Mesin 4A-GE agar tarikan lebih enak dan perawatan mudah Ducktail Foha kondisi new old stock dengan status ‘langka’ Kondisi interior, terutama dasbor masih terjaga dengan baik

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia