Otomotif

AKI HONDA MOBILIO TEKOR

-

Assalamu ‘alaikum Bung Andhika! Saya Rahmat di Wonosari, Gunungkidu­l. Ada pertanyaan tentang

Honda Mobilio saya keluaran 2014, pemakaian Februari

2015.

Mobil saya servis rutin ke bengkel resmi sampai saat ini dengan jarak tempuh 29.670 km. Harus saya akui, memang kadang seminggu hanya keluar sekali dalam jarak dekat. Agustus ini seharusnya jadwal servis, tapi karena kerjaan banyak, jadinya belum sempat.

Kemarin pas dipakai kerja, tiba- tiba aki tekor, tidak bisa mengangkat starter dan harus didorong. Pertanyann­ya:

1. Biasa servis rutin kok bisa aki seperti itu ya mas?

2. Aki bisa disetrumka­n dulu ke tukang aki atau sebaiknya langsung ganti ya mas? Termasuk resiko yang bisa diakibatka­n. 3. Ukuran berapa yang pas misalnya harus ganti. Termasuk baik yang kering atau aki isi. Demikian Mas, mohon pencerahan­nya. Matur nuwun! Rahmat - Wonosari, Gunungkidu­l, Yogyakarta

Wa’alaikum salam wr.wb! Hai Mas Rahmat, salam kenal dari kami ya. Oke, mengenai permasalah­an yang Anda hadapi pada aki Honda Mobilio, kalau memang aki tersebut belum pernah diganti dari sejak beli mobil tersebut, saran kami sebaiknya ganti aki baru saja.

Perlu Mas Rahmat ketahui, aki ada usia pakainya alias bukan part yang bisa dipakai terus menerus. Meski mobilnya sering servis rutin dan jarang pakai, bila umur pakai aki sudah sampai batas kerja optimalnya, maka aki akan cepat tekor, bahkan bisa mati total. Walau dicharging ulang, tak lama akan tekor lagi.

Lazimnya usia pakai aki sekitar 3 – 4 tahun. Nah, mengingat usia mobil Anda sudah lebih dari 4 tahun pakai, rasa wajar bila aki mulai cepat tekor. Tandanya sudah minta diganti baru tuh. Untuk penggantia­n akinya, spesifikas­inya disamakan dengan aki standar dari pabrikan.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia