Otomotif

‘ISTIMEVVAH’ EKSKTTYANG

-

Beruntung sekali mobil ini, BMW 740i yang pernah bertugas membawa pejabat APEC saat Konferensi Tingkat Tinggi di Bogor tahun 1994. Setelah purna tugas, ia dimiliki Andre, BMW Enthusiast asal kota Lumpia Semarang. Di tangan Andre, kondisi sedan VIP ini malah dibikin makin segar dan cantik.

Awalnya Andre yang speedholic, tertarik lantaran dapur pacu bawaan mobil yang sudah V8. Spek mesin berkode M60B42 3.000 cc standar saja sudah bertenaga 282 dk, dengan torsi 400 Nm. Namun oleh Andre diupgrage lagi dengan stroker kit, crankshaft M62B44 serta sistem komputer BMW Performanc­e Chips dari Miller Performanc­e.

Seiring waktu, ia tertantang membuat penampilan sedan premium ini makin menawan. Segala aksesori dan body parts

baru ia buru langsung dari Jerman.

Fokus ubahan utama adalah facelift alias meremajaka­n penampilan­nya. “Beberapa bagian eksterior diganti model facelift BMW E38 tahun 2001. Paling susah didapatkan adalah headlamp,” kata Sindhu, rekan Andre di BMWCCI chapter Semarang.

Dijelaskan Shindu, headlamp BMW E38 2001 ini termasuk istimewa lantaran, “Mereknya Bosch, kondisi baru, biasanya di pasaran dijual model Hella, beda reflektor dan lebih elegan,” kata Sindhu. Lantaran termasuk ‘barang ajaib’, satu bagian headlamp- nya saja dijual di kisaran Rp 20 jutaan.

Ketika penampilan sudah lebih segar, Andre mulai dengan memberikan sentuhan dress up. Yang dipilih adalah konsep single tuner dari Alpina. Enggak mau tanggung, pernak-pernik Alpina disematkan mulai dari add on body kit, striping original, panel cluster, karpet hingga pelek.

Makin lebih ‘ single tuner’ dengan pemasangan pelek baru Alpina dengan ciri khas jari-jarinya. Speknya tak mainmain, 21x(9+10,5) inci yang dibalut ban Toyo CIS 255/30 R21 (depan) dan Toyo C1S 295/25 R21 (belakang).

Penampilan keseluruha­n yang ekstravaga­n ini ternyata juga dikagumi para BMW enthusiast dan pelaku modifikasi. Buktinya berbagai penghargaa­n banyak diraih oleh mobil ini, “Pernah jadi Best of Best di acara Bimmerfest 2015 Alam Sutera Tangerang, dan terakhir jadi Best VIP di Intersport Auto Show Semarang 2019 lalu,” jelas Sindhu.

Benar-benar ‘Istimevvah’! •

 ??  ??
 ?? FOTO: ISTIMEWA ?? Interior masih kinyis-kinyis, panel cluster ganti punya Alpina, ada telepon mobilnya lho
FOTO: ISTIMEWA Interior masih kinyis-kinyis, panel cluster ganti punya Alpina, ada telepon mobilnya lho
 ??  ?? Mesin V8 BMW saja sudah bertenaga 282 dk dan torsi 400 Nm. Apalagi setelah performany­a diupgrade
Mesin V8 BMW saja sudah bertenaga 282 dk dan torsi 400 Nm. Apalagi setelah performany­a diupgrade
 ??  ?? Ubahan facelift di bagian eksterior menyeluruh hingga buritan
Ubahan facelift di bagian eksterior menyeluruh hingga buritan
 ??  ?? Pelek Alpina 21 inci dengan ciri khas jari-jari didapatkan dalam kondisi baru
Pelek Alpina 21 inci dengan ciri khas jari-jari didapatkan dalam kondisi baru

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia