Otomotif

MODIFIKASI SEHARGA LCGC!

BOYONG MESIN LANGSUNG DARI ITALIA

-

Fenomena kembali diburunya Piaggio Zip buat bahan “mainan” menjangkit­i Rangga Ardiansyah, “Padalah pas keluar sekitar tahun 2010-2011 kurang suka modelnya, rada aneh dan kurang proporsion­al. Tapi sekarang malah suka, bodi kecilnya kelihatan lucu,” bukanya.

Zip yang didapat Rangga tentu versi Indonesia yang pakai mesin 4 tak berkapasit­as 94 cc saja, yang terkenal punya tenaga ‘lemot’, “Setelah browsing ternyata di Eropa lebih umum pakai mesin 2 tak. Dan ternyata Malossi menjual mesin full set MHR Rc-one untuk Zip 70 cc dan 94 cc, biar gak nanggung akhirnya ambil 94 cc, Malossi mengklaim tenaganya sampai 20-30 dk,” jelas Rangga yang memiliki bisnis online apparel dan spare part Vespa dengan nama Scooterpor­t.

Sambil menunggu mesin

datang dari Italia, konsep motor pun dipikirkan dengan matang, “Kebetulan gua suka dengan salah satu motif helm Arai Maverick Vinales, motifnya kayak fighter jet tapi sporty,” lanjut Rangga yang menyerahka­n pengerjaan pada

JRY Custompain­t di bilangan Cipinang Muara, Jaktim.

Karena belum memiliki mekanik, Rangga menyerahka­n perakitan mesin kepada Wibowo Bayu

Aji dari bengkel A15 Engineerin­g yang ada di Cibubur Villa 1, Jatisampur­na, Bekasi, “Karena mepet dengan deadline beberapa event untuk memajang motor ini, jadi harus ekstra tenaga untuk merakitnya.

Setting mapping pengapian juga rada mumet, belum lagi ada treker khusus untuk kruk as dan rotor magnet, jadi harus bolak-balik ke tukang bubut,” rinci Bewok, sapaan akrabnya.

Kaki-kaki juga diubah, depan berubah total, yang tadinya teleskopik ganda menjadi single menggunaka­n Piaggio Zip SP MK1, “Biar lebih terlihat Zip SP, ini dapat copotan dari luar. Fork udah satu set sama selang rem, master rem, kaliper, dan pelek. Soknya Bitubo, selain ukurannya pas, berdasarka­n pengalaman di motor gua lainnya performa Bitubo bagus, dari segi harga juga reasonable,” sambung Rangga yang berbisik kalau total biayanya hampir setara harga mobil 1 unit LCGC baru (sekelas Daihatsu Ayla 1.0)..

Totalitas banget nih! •

 ??  ??
 ??  ?? Kondisi mesin dipantau menggunaka­n data logger Mychron5 2T
SCOOTERPOR­T: 0852-1199-9923 A15 ENGINEERIN­G: 0878-8702-2004 JRY CUSTOMPAIN­T: 0878-8441-8764
Kondisi mesin dipantau menggunaka­n data logger Mychron5 2T SCOOTERPOR­T: 0852-1199-9923 A15 ENGINEERIN­G: 0878-8702-2004 JRY CUSTOMPAIN­T: 0878-8441-8764
 ??  ?? Setting pengapian jadi hal yang lumayan sulit di projek ini
Setting pengapian jadi hal yang lumayan sulit di projek ini
 ??  ?? Di balik tamengnya terdapat radiator besar yang siap mendingink­an suhu mesin
Di balik tamengnya terdapat radiator besar yang siap mendingink­an suhu mesin
 ??  ?? Single fork lengkap dengan pelek ‘copotan’ dari Zip SP MK1 FOTO: FARIZ
Single fork lengkap dengan pelek ‘copotan’ dari Zip SP MK1 FOTO: FARIZ
 ??  ??
 ??  ?? Satu set mesin Malossi MHR Rc–one 94 cc asal Italia dipesan langsung oleh Rangga, joossss…
Satu set mesin Malossi MHR Rc–one 94 cc asal Italia dipesan langsung oleh Rangga, joossss…
 ??  ?? Tangki bensin custom agar supply bahan bakar lebih baik
Tangki bensin custom agar supply bahan bakar lebih baik

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia