Otomotif

BIKIN MESIN LEBIH ADEM!

-

Bodi gambot Vespa memang menjadi salah daya tarik. Sekaligus menjadi ciri khas skutik asal Italia tersebut. Namun, dengan mesin yang tersembuny­i di dalam bodi membuatnya tidak mendapat pendingina­n secara maksimal seperti di saat macet, terutama pada mesin air cooled.

Untuk membantu proses pendingina­n, dapat memasang oil cooler tambahan. Seperti merek Sassy yang dipasarkan Tepepa Garage. Berbeda dengan merek lain, Sassy menggunaka­n filter oli sebagai sumber jalan keluar-masuk oli ke cooler.

“Rata-rata bikin lubang di head, kemudian masuk ke oil cooler terus balik lagi ke head,” ujar Indra yang mendesain oil cooler Sassy.

Melalui riset yang lumayan lama, Indra berhasil membuat adaptor untuk dipasang di filter oli ( Gbr.1). Terbuat dari aluminium batangan yang dibubut dan disamakan dimensinya dengan filter oli. Cara kerjanya oli dari pompa akan disalurkan ke filter lalu masuk ke oil cooler, lalu balik lagi ke mesin ( Gbr.2). Oli yang masuk ke sirkulasi mesin jadi dingin plus sudah disaring.

Oil cooler ini bisa dipasang di semua varian Vespa dan cocok untuk yang sudah naik kapasitas mesinnya. Indra mencontohk­an, Vespa LX150 yang sudah berkapasit­as 200 cc yang sudah memakai oil cooler, suhu mesinnya tak pernah lebih dari 104 derajat celcius. Sedangkan motor standar dengan oil cooler suhunya ada di kisaran 76-80 derajat celcius, apabila tidak dipasang bisa mencapai 90 derajat.

Oil cooler- nya bisa pakai punya Suzuki Satria F150 atau aftermarke­t. Penempatan terserah konsumen, bisa di dek tengah atau di dalam boks depan seperti pada varian GTS.  Kalau pendingina­n ingin lebih maksimal tentu letakkan di bagian yang langsung kena angin dari depan. Pasangnya plug & play dan hanya butuh kunci 19 dan kunci filter oli.

Untuk pemasangan di dek seperti pada gambar, harus terlebih dahulu membolongi cover plastik di tengah bodi untuk jalan selang dan braketnya di bawah jok ( Gbr.3).

Tak usah khawatir karena harganya relatif murah hanya Rp 150-200 ribu jadi tidak masalah dikorbanka­n.

“Diameter lubang braket hanya sekitar 8 mm, kalau sistem oil cooler dicabut lubang tinggal ditutup karet,” terang Indra.

Dengan pemasangan oil cooler kapasitas oli meningkat jadi 1,6 liter ( oil cooler Satria), standarnya 1,2 liter. Vespa dengan kapasitas mesin 180 cc ke bawah bisa pakai oil cooler Satria F150. Sedangkan 200 sampai 300 cc harus pakai yang lebih besar dan bisa ditambah kipas supaya lebih maksimal.

Sepaket dibanderol Rp 2,2 juta untuk 180 cc ke bawah, sudah rapi termasuk oil cooler, selang, bautbaut, dan adaptor. Kapasitas mesin di atasnya dikenakan harga Rp 2,6 juta. Sedangkan harga adaptornya saja Rp 1,2 juta, free nipel.

Pasang yuk biar adem! •

Tepepa Garage  :  0813-1652-1973

 ??  ??
 ??  ?? 2
2
 ?? FOTO: RANGGA ?? 3
FOTO: RANGGA 3
 ??  ?? 1
1

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia