Otomotif

PINJAM PUNYA MOTOR BATANGAN

-

Pada modifikasi skutom alias skutik custom, suspensi depan sangat berperan penting dalam menunjang penampilan keseluruha­n. Bahkan mesti diganti, karena enggak cocok lagi jika pakai bawaan motor. Kenapa sih?

“Pada modifikasi skutik custom semua bodi bawaan pasti dipensiunk­an. Makanya bagian suspensi depan jadi kelihatan kecil,” buka Abraham Simatupang punggawa Batakastem.

Maklum rata-rata skutik pakai sokbreker depan dengan as kecil dan model pendek.

Abram menambahka­n, “Makanya harus ganti suspensi depan yang mempunyai ukuran lebih panjang seperti motor batangan, untuk mengisi bagian depan agar tidak terlalu kosong.”

Mengenai pilihannya, Batakastem memberikan beberapa alternatif sokbreker depan yang cocok buat skutom. Tentunya yang cukup mudah dicari dan harga relatif terjangkau.

Pertama ada sokbreker kepunyaan

Honda Tiger, memiliki ukuran as 31 mm dan dengan bentuk tabung khas motor Honda (Gbr.1). “Untuk harga sok Tiger di pasaran yang bekas itu sekitar Rp 700 ribu, barunya kira-kira bisa sampai 1,2 juta,” beber Ali Yahya, owner Prima Shock Breaker di Jl. Raya Bogor KM 27, Kalisari, Jakarta Timur.

Pilihan kedua ada sok depan kepunyaan Yamaha Scorpio yang memiliki diameter as 33 mm (Gbr.2). Soal harga, sok baru Scorpio ini biasa dibanderol di pasaran sekitar Rp 1,1 juta, sedangkan bekasnya Rp 600 ribu dengan kondisi masih layak pakai.

Terakhir, ada sok depan Suzuki Satria F150 yang memiliki panjang diameter as 26 mm (Gbr.3).

“Kalau sok depan Satria harga barunya di pasaran sekitar Rp 1 juta dan bekasnya biasa dijual para pedagang Rp 550 ribu,” ungkapnya. Pilih mana? Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, ukuran dan tentunya isi kantong, hehee... •

 ??  ?? Batakastem Workshop: 0822-6265-5554 Prima Shock Breaker : 0821-3819-1233
Batakastem Workshop: 0822-6265-5554 Prima Shock Breaker : 0821-3819-1233
 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia