Otomotif

UNTUK YANG OGAH MAIN TANAH

-

PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mempunyai beberapa line up Supermoto. Yang paling kecil ada KSR Pro bermesin 112 cc, lalu D-tracker 150 cc, dan D-trackerx bermesin 250 cc. Sayangnya 230 cc yang sekeluarga dengan KLX230 belum ada.

Untuk itu Deden Fauzi mengubah KLX230 miliknya menjadi Supermoto, “Karena suka bergaya Supermoto, bisa ugal-ugalan. Lagian kalau pakai ban ‘tahu’ tapaknya tipis dan grip ke aspalnya kurang, kurang safety buat di aspal,” bukanya. Ya iyalah namanya juga motor trail, cocoknya buat main tanah!

Ubahannya dengan mengganti lingkar roda ring 17 inci di depan dan belakang, menggunaka­n TK Racing Bright lebar 2.50x17 berbalut ban Dunlop Sportmax Alpha 13 110/7017 di depan, dan 3.50x17 dengan ban serupa berukuran 150/60-17 di belakang.

“Gak suka pelek terlalu lebar, karena akan semakin berat, haha… Karena setelah cari tahu ternyata ban ukuran 150 masih aman terpasang di lebar pelek 3.50. Oiya ini bannya bekas balap ARRC, kalau harga barunya sepasang sekitar Rp 2,5-2,8 juta,” lanjut Deden.

Setelah mendapatka­n pelek, teromol pun perlu dicari. Deden memilih teromol depan D-tracker sedangkan yang belakang pakai KX250, “Cakram depannya juga pakai D-tracker yang sudah floating. Belakang pakai KX250, selain lebih kuat juga girnya tetap bisa pakai 520. Kalau D-tracker kan girnya 428,”

sambung pria ramah ini.

Jari-jari berlabel Wilwood pun dipilih untuk menghubung­kan pelek dengan teromol barunya. Ettt… tapi pelek belum bisa terpasang nih, karena perlu penyesuaia­n agar bisa melekat pada KLX230. Untuk itu motor pun diserahkan ke bengkel Rafka Motor yang ada di Jl. Bintara IV, Bintara, Bekasi.

“Roda depan dan belakang dibuatkan bushing baru supaya bisa terpasang dan sejajar. Bracket kaliper depan dan belakang juga dibuatkan baru, karena cakramnya sekarang lebih besar,” tunjuk Andika Ramadhan dari Rafka Motor.

Untuk pelek yang lebih terjangkau bisa tengok buatan V-rossi, “Untuk Supermoto ada tipe Sprint VR yang desain tengahnya bulat dengan pilihan warna black anodize. Ada juga tipe Sprint XD yang mengotak di bagian tengah dengan warna black sandy,” ujar Kevin William, Staff Marketing pelek Rossi Official Store di Jl. Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakbar.

Ada rencana juga untuk bikin KLX230 menjadi Supermoto? Rincian biaya lengkapnya, tengok boks di samping yah! •

 ??  ?? Gir standar KLX230 tipe 520 bisa terpasang pada teromol KX250 Bracket kaliper belakang dibuat ulang dengan pelat besi
Gir standar KLX230 tipe 520 bisa terpasang pada teromol KX250 Bracket kaliper belakang dibuat ulang dengan pelat besi
 ??  ??
 ??  ?? Pelek V-rossi punya harga lebih terjangkau, tipe VR desain tengahnya membulat dengan warna black anodize
Pelek V-rossi punya harga lebih terjangkau, tipe VR desain tengahnya membulat dengan warna black anodize
 ??  ?? Bracket kaliper depan juga dibuat ulang menyesuaik­an cakram D-tracker yang lebih lebar
Bracket kaliper depan juga dibuat ulang menyesuaik­an cakram D-tracker yang lebih lebar
 ??  ?? Bushing as roda depan dan belakang disesuaika­n agar roda bisa terpasang dan sejajar
Bushing as roda depan dan belakang disesuaika­n agar roda bisa terpasang dan sejajar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia